Bismillahirrohmaanirrohiim

CIRI CIRI KHAS KAUM MENYIMPANG DAN TINGKAH LAKUNYA

CIRI CIRI KHAS KAUM MENYIMPANG DAN TINGKAH LAKUNYA

(Tolong dibaca sampai habis dan sebarkan)

Sebagai sumber dasar untuk mencegah terjerumusnya masuk ke aliran menyimpang,  sebaiknya perhatikan sikap dan perilaku mereka sebagai berikut :

1. Kalau berkumpul hanya dg komunitasnya saja, di luar kelompoknya dianggap musuh (menuduh ahlul bid'ah, syirik, kafir, sesat)... mereka bicara sunnah tetapi ukhuwah Islamiah mereka langgar.

2. Fanatik kepada kelompoknya saja, apa apa kata junjungannya itulah yg dia turuti... sekalipun ilmunya nggak masuk akal bahkan dibantah ulama yg ahli agama... mereka tdk peduli, akal mereka terpaku dg doktrin kelompoknya saja.

3. Kegiatan dakwah lebih fokus menyesatkan orang awam dan yang sudah ketularan dilarang mengaji di luar paham mereka, jika ada anggota ngaji di luar majelis mereka bisa dituduh kafir.

4. Rata-rata pengikutnya muda muda awam yg masa mudanya  itu kurang didikan agama. Masa remaja di jalani tanpa dasar agama yg memadai, sehingga ketika ada yg ngajak ngaji mrk tdk pikir panjang lg apakah sesat atau tidak. Dan ketika sudah masuk merasa sudah dapat hidayah.

5. Anak anak muda (yg masa kecilnya nggak belajar agama) ini setelah masuk aliranya belagak paling ahli agama, disuruh cari pengikut baru yg masih bodoh, sebab kalau dgn yg tau agama mereka kesulitan bahkan ketakutan. Jadi mrk mengincar yg awam awam agama untuk di rekrut.

6. Mereka rekrut anggota dgn cara sembunyi sembunyi... mulai dr temen dekat untuk di ajak masuk ikut pengajian mereka, pura2 ngajak berbagi ilmu (tetapi malas membaca sampai tuntas, tulisan teman diskusinya... merasa diri sdh pasti benar), atau jika mereka ada komunitas yg pada pokoknya mendakwahi paham menyimpang kelompoknya.

7. Di hadapan umum mereka sembunyikan aliranya bahkan tdk mengakui nama aliranya. Ada yg cuma ngaku Islam saja, ahlu sunnah, manhaj salaf, pengikut salafus sholeh... tetapi ketika bicara ilmu tetap saja hanya mau merujuk pada guru atau "syekh" panutannya sendiri.

8. Mereka tidak akan berani dakwah di pondok pesantren terkemuka, majelis majelis umum. Mereka baru berani kalau berada di majelisnya saja semisal majelis daurohan mingguan (apa pernah RosuluLLoh kasih contoh ta'lim khusus di hari Minggu...? mirip org Nasrani aja yg kebaktian di hari Minggu... xixixi)

9. Di dunia maya mereka sembunyikan indetitas, nama palsu, data palsu. Jangan harap bisa minta alamat aslinya, mereka ketakutan.

10. Pada pokoknya mereka syiar Islam seperti ketakutan, berbeda dgn aswaja yg berani terbuka terang terangan dakwah di tengah masyarakat umum.

11. Mereka pandai bicara, santun, sopan... guna menarik perhatian pengikutnya dan org yg bakal ia jebak. Tetapi sebaliknya mereka bagai syetan marah kalau ada orang yg membongkar kedok kebusukannya.

12. Mereka Rajin mencari kesalahan golongan diluar mereka. Apa yg tdk tercantum dalam paham mereka di anggap bid'ah, syirik, kafir dan dilarang di ikuti. Tetapi jika ada yg bermaksud meluruskan paham mereka, dianggap musuh bahkan mereka laknati. misalnya di teriaki syi'ah laknatullah padahal belum tentu syi'ah  krn golongan Islam itu banyak.

13. Jika belang mereka ketahuan, sebisanya mereka menghindar, berkelit, ngeles bin ngeyel, muter muter bahkan cari cari alasan yg  kadang tdk masuk akal. Kalau di dunia maya macam fb.wa.line.bbm, siapa yg dianggap berat untuk di hadapi bakal mereka blokir akunnya!!

14. Orang orang yg pada dasarnya menasehati, meluruskan... mereka anggap musuh yang harus di hindari. Atau jika tidak mereka tebarkan cerita fitnah tentang si fulan  agar di benci byk pihak. Di tuduh pemecah belah umat, dituduh penipu, dituduh modus dan lain lain.
pendeknya mrk ghibahi, gunjingi orang yg dianggap menyusahkan mrk padahal tujuanya meluruskan.
.
15. Biasanya di media mereka di wanti wanti kelompoknya agar cuma buka situs buatan mereka sendiri yg boleh di buka, dan selain itu dianggap situs syiah, situs ahlul bid'ah.

16. Jika ada yg mengkritik paham mrk, mereka suka bilang misalnya :
"Jangan suka pecah belah akhi, jagalah persatuan Islam"

Jika kedok mereka ketahuan, mereka balik menuduh :
"ini fitnah ! antum ahlu bid'ah, syiah laknat ! antum bukan islam !"

marah...

tetapi manakah mereka mau bahas kekeliruan paham mereka, dan ketika ada yg kristis ngajak tabayun, mereka justru bilang sebaliknya :
"agama bukan untuk di perdebatkan akhi, agama ini dakwah, semoga antum dapat hidayah" (merasa diri di posisi yg pasti benar).

Lucu bukan... ? sifat sifat mereka kadang berlagak alim, kadang rajin menyalahkan amalan orang lain, juga tak segan untuk melaknat dan mencaci maki.

SIAPA ITU ?

Mereka ada di sekitar kita dgn gaya alimnya bagai ahli agama, bagai ustadz dan ustadzah yg bertahun tahun ngaji di pondok pesantren dan universitas Islam, padahal masih jauh sekali untuk setingkat itu.

Waspadalah !
Dimana mana mereka tebar pesona untuk menipu umat terutama yang masih awam.

Jaga diri dan keluargamu dalam bergaul dimanapun berada, jangan mudah tertipu oleh penampilan dan santunnya bicara... Ilmu itu butuh ketelitian, kecerdasan daya nalar dan selalu merasa kurang dgn ilmu yg ada.

Orang yg cerdas itu tdk merasa puas dgn apa yg dia ketahui sampai benar benar yakin bahwa itu benar... ataukah selama itu dia telah salah langkah.

Semoga tulisan ini jadi acuan untuk HATI HATI mengingat aliran menyimpang ini ada dimana mana, macam macam kelompok yg berusaha mengajak umat yg dangkal ilmu masuk pada golongan mereka.

Dan bagi siapapun yg merasa point point di atas cocok dgn perilaku yg dia jalani maka hendaknya banyak banyak istighfar dan carilah guru talaqi bersanad ilmu yg sambung sampai ke RosuluLLoh Muhammad ibnu Abdillah, macam pondok pesantren kredible yg terpercaya dan diakui mayoritas ulama.

TIADA ILMU TANPA SANAD DAN ORG YG TDK PUNYA SANAD ILMU MAKA DIKHAWATIRKAN GURUNYA ADALAH SYETAN....


.

PALING DIMINATI

Back To Top