Bismillahirrohmaanirrohiim

SYARAT SAHNYA PUASA

5.  🍃  *Shiyam Ramadhan*
       *Ahkamun wa Fadhailuhu*  

*SYARAT SAHNYA PUASA.*

```Jika memenuhi syarat-syarat ini maka sah puasanya, syaratnya ada empat. 

1. Islam, maka disyaratkan harus orang islam sepanjang hari puasa, jika ia murtad walau hanya sebentar saja, maka batal puasa dihari itu.
 
2. Punya akal, maka disyaratkan punya akal, atau tamyis disepanjang hari berpuasa, dan apabila ia gila, walau hanya gila sebentar saja, maka puasa dihari itu dianggap batal, dan tidak dianggap berdosa jika tidak ada unsur sebab kegilaan yang disengaja, serta tak wajib qada'.

Adapun orang yang pingsan atau mabuk, maka akan diperinci penjelasan nya di bab, batal-batal puasa. 

3. Suci dari haid dan nifas, maka disyaratkan bagi wanita adalah suci, disepanjang hari puasa, jika ia keluar darah haid walau hanya setetes di akhir ujung siang, maka batal puasanya. Begitupun juga jika seorang wanita itu suci dipertengahan hari sunnah untuknya berimsak, (menahan makan dan minum), dan haram bagi orang yang haid atau nifas berimsak (menahan makan dan minum) dengan niat berpuasa, akan tetapi juga tidak ada kewajiban untuk makan-minum, cukup tidak niat berpuasa saja. 

4. Mengetahui waktu yang sah untuk berpuasa, maksudnya adalah mengatahui bahwa hari dimana ia hendak berpuasa adalah waktu yang sah untuk berpuasa, dan bukan waktu yang dilarang untuk berpuasa.```

📚 _*At-taqriratus Sadidah fi Masa'ilil Mufidah,*_
karya :  _*" As-sayyid Hasan bin Ahmad bin Muhammad Al-Kaff.*_

     🎍 *Semoga Bermanfa'at* 🎍             
      *Amiinn Yaa Robbal 'Alamin*

         والله المستعان وعليه التكلان

                       *An Nida*
                     08042022


.

PALING DIMINATI

Back To Top