Bismillahirrohmaanirrohiim

MENYELAMI KOPI PAGI

MENYELAMI KOPI PAGI

Oleh : Zainuddin Bad.

Sebelum berkumandang Adzan subuh, santri annur 2 Al - Murtadlo sudah bergegas menuju masjid untuk tahajud dan iktikaf serta membaca Surat Waqiah.
Untuk mengamalkan Sabda Rasul saw:
‎من قرا سورة الواقعة في كل ليلة لم تصبه فاقة ابدا.
Barang siapa membaca surat waqiah setiap malam maka tidak akan pernah tertimpa kefakiran.

Dan mengamalkan Firman Allah dalam Al Qur'an yang berbunyi:

‎وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam hari bershalat ta-hajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengang-katmu ke tempat yang terpuji.” [Al-Israa’/17: 79]m

Pada pagi dini hari, ketika malam terselimuti oleh gelap dan dinginnya kota malang begitu menusuk. Segelas kopi hangat dari _Ndalem_  disuguhkan kepada para santri yang kakinya digunakan melangkah ke masjid.
Hal ini  untuk memotivasi Santri agar semangat dalam beribadah dan agar tidak mengantuk.

-Ngomong-ngomong- soal kopi ternyata para Ulama' Salaf terdahulu juga suka _ngopi_ sehingga terbitlah karya-karya tentang kopi diantaranya  Al Allamah Abdul Qodir Bin Muhammad Al Jaziry Dalam kitabnya Umdatus Shofwah fi Hukmil Qohwah.
Sayyid Al Allamah Abdurrohman bin Muhammad Al Aidrus dalam Risalah Inusi as-Shofwah bi Anfusi al-Qohwah, juga Al Imam Al Faqih Syeh Bamakhromah mengarang syair tentang kopi yang Syairnya di komentari oleh banyak ulama.

Lalu dari Indonesia juga ada Al-Allamah Syeh Ikhsan Jampes Kediri dalam kitabnya Irsyadul Ikhwan fi Syurbil Qohwah wa Addukhon, juga Syeh abdul Qodir Bin Syekh dalam kitab Shofwatu As Shofwah fi Bayan hukmil Qohwah. Juga dijelaskan dalam kitab Tarikh Ibnu Toyyib mengenai keutamaan Kopi. dan banyak lagi ulama yang menjelaskan tentang kopi.

Pasti kita penasaran, mengapa begitu istimewanya kopi?
  Al Imam Ibnu Hajar Al Haitami mengatakan ;

‎ثم اعلم ايها القلب المكروب أن هذه القهوه قد جعلها اهل الصفاء مجلبة للأسرار مذهبة للأكدار وقد اختلف في حلها اولا وحاصل ما رجحه ابن حجر في شرح العباب بعد ان ذكر أنها حدثت في اول قرن العاشر . ان للوسائل حكم المقاصد ،فمهما طبخت للخير كانت منه وبالعكس فافهم الأصل

"Lalu ketahuilah duhai hati yang gelisah bahwa kopi ini telah dijadikan oleh Ahli shofwah (orang orang yang bersih hatinya) sebagai pengundang akan datangnya cahaya dan rahasia Tuhan, penghapus kesusahan. Para ulama berbeda pendapat akan kehalalannya, namun alhasil yang diunggulkan oleh Ibnu Hajar dalam kitab Syarhul Ubab setelah penjelasan bahwa asal usul kopi di awal abad kesepuluh hijriyah memandang dari Qoidah 'bagi perantara menjadi hukum tujuannya' maka selama kopi ini dimasak untuk kebaikan maka mendapat kebaikannya begitu juga sebaliknya, maka fahami asalnya."

Imlmam Ahmad Assubki juga berkata ;

‎قال احمد بن علي السبكى  ; واما منافعها يعني القهوه تقريبا ... فالنشاط للعبادة  والأشغال المهمة وهضم الطعام وتحليل الرياح والقولنج والبلغم كثيرا

"Kopi manfaatnya yaitu kira-kira untuk membuat semangat ibadah dan pekerjaan penting juga menghancurkan makanan, agar tidak masuk angin dan menghilangkan dahak yang banyak."

Dalam Tarikh Ibnu Toyyib dikatakan:

‎يا قهوة تذهب هم الفتى # انت لحاوى العلم نعم المراد
‎شراب اهل الله فيه  الشفا # لطالب الحكمة بين العباد
‎حرمها الله على جاهل # يقول بحرمتها بالعناد

"Kopi adalah penghilang kesusahan pemuda, senikmat-nikmatnya keinginan bagi engkau yang sedang mencari ilmu. Kopi adalah minuman orang yang dekat pada Allah didalamnya ada kesembuhan bagi pencari hikmah diantara manusia. Kopi diharamkan bagi orang bodoh dan mengatakan keharamannyadengan keras kepala."

Walhasil kopi memang sangat baik untuk kesehatan dan memiliki beberapa keistimewaan. Dan  juga betapapun baiknya sesuatu jika dilakukan secara berlebihan akan menjadikan kekurangan. Hehehe....

Salam Takdzim
Ahmad Zain Bad
Pondok Pesantren annur2.net Al Murtadlo Bululawang Malang.


.

PALING DIMINATI

Back To Top