Bismillahirrohmaanirrohiim

Bagaimana hukum berjihad di NKRI yang telah merdeka dan berdaulat ?


Jawaban :
Dengan mencermati jawaban terkait dengan pertanyaan "media jihad" pada pembahasan sebelumnya, maka hukum berjihad dalam NKRI adalah wajib hukumnya lebih-lebih menghadapi kelompok terorganisir yang melawan pemerintah yang sah (bughat), atau yang ingin mendirikan negara dalam negara atau kelompok yang memisahkan diri dari NKRI (sparatis), atau mereka yang melakukan tindakan kejahatan terhadap agama atau pihak negara lain yang ingin menguasai sebagian wilayah atau kekayaan alam negara kita.
Ibarat :

الفقه الاسلامى وادلته : مجلد 8 ص : 5850 , ت : الدكتور وحبة الزحيلى

فَالْجِهَادُ فَرْضُ كِفَايَةٍ وَمَعْنَاهُ اَنَّهُ يُفْتـَرَضُ عَلىَ جَمِيْعِ مَنْ هُوَ اَهْلُ الْجِهَا دِ لَكِنْ اِذَا قـَامَ بِهِ الْبَعْضُ سَقـَطَ عَنِ الْبَاقِيْنَ

Terjemah :
Jihad hukumnya fardlu kifayah, maksudnya jihad diwajibkan atas semua orang yang layak untuk berjihad. Tetapi jika sudah ada sebagian yang melaksanakannya maka gugurlah kewajiban itu dari yang lain.

كشاف القناع ج: 3 ص: 34

وَمِنْ فُرُوْضِ الْكَفَايَاتِ الأَمْرُ بِالْمَعْرُوْفِ وَالنَّهْيُ عَنِ الْمُنْكَرِ

Terjemah :
Diantara fardlu kifayah yaitu memerintahkan kebajikan dan melarang kemungkaran.
بــيــان حــقــوق ولاة الأمــور عــلـى الأمــة بــالأدلــة مــن الــكــتــاب والـسـنــة، ص : 23 ، مـا نــصــه :
وَلاَ يَـجُــوْزُ الْــخُــرُوْجُ عَــلَـى وُلاَةِ الأُمُــوْرِ وَشَــقُّ الْـعَـصَــا إِلاَّ إِذَا وُجـِـدَ مِـنْـهُـــمْ كُــفْــرٌ بَــوَاحُ عِــنْـــدَ الْـخَــارِجِـيْــنَ عَــلَــيْــهِ
Terjemah :
Tidak diperbolehkan memberontak (makar) terhadap para penguasa dan memecah belah persatuan kecuali dijumpai dari mereka kekufuran yang jelas menurut pihak pemberontak.
مغني المحتاج ج: 4 ص: 123, ت : محمد الخطيب الشربينى ط : دار الفكر بيروت
قَالَ الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللهُ تـَعَالَى عَنْهُ أَخَذْتُ السِّيْرَةَ فِي قِتَالِ الْمُشْرِكِيْنَ مِنَ النَّبِيِّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَفِي قِتَالِ الْمُرْتَدِّيْنَ مِنْ أَبِيْ بَكْرٍ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ وَفِي قِتًالِ الْبُغَاةِ مِنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ تَعَالىَ عَنْهُ
Terjemah :
Imam Syafi’i ra berkata : tindakan memerangi orang-orang musyrikdiambil dari Nabi saw, tindakan memerangi orang-orang murtad diambil dari Abu Bakar ra dan tindakan memerangi orang-orang yang memberontak diambil dari Ali ra.
قــرة الـعـيـــن للــعــلامــة الـشـيــخ مـحــمــد سـلـيـمــان الــكــردي الــمــدني الـشــافــعــي ، ص : 208-209، مــا نــصـــه :
اَلـَّـذِيْ يَــظْــهَــرُ لِلْـفَـقِــيْــرِ أَنَّــهُــمْ حَــيْــثُ دَخَــلُــوْا بَــلَــدَنـَـا لِلـتـِّـجـَـارَةِ مُـعْـتـَمِــدِيـْـنَ عَــلَـى الْـعَـادَةِ الْـمُـطَّــرِدَةِ مِــنْ مَــنْــعِ الـسُّــلْـطَـانِ مِــنْ ظُــلْـمِــهِــمْ وَأَخْـــذِ أَمْــوَالِــهِــمْ وَقـَـتـْـلِ نُــفُــوْسِــهِــمْ وَظَـنُّـــوْا أَنَّ ذَلِــكَ عَــقـْـدَ أَمَــانٍ صَــحِــيْــحٍ لاَ يـَـجُـــوْزُ إِغْــتِــيـَـالـُـهُــمْ ، بَــلْ يَــجِــبُ تـَـبْــلِــيْـغـُـهُـــمُ ألْـمَـأْمَــنَ ... لأَِنَّ الـسُّـلْـطَــانَ فِـيْــهَــا جـَــرَتْ عَـــادَتـُــهُ بِــالــذَّبِّ عَــنْــهُــمْ، وَهُـــوَ عَــيْــنُ الأَمـَـانِ .
Terjemah :
Apa yang tampak bagi al Faqir (Syekh Muhammad Sulaiman al Kurdi) bahwa mereka (orang-orang kafir) sekiranya memasuki negara kita (umat Islam) untuk berbisnis dengan berpedoman pada adat yang berlaku yaitu larangan pemerintah menganiaya mereka, merampas hartanya, membunuh jiwanya dan mereka menduga bahwa hal yang demikian itu merupakan bentuk jaminan keamanan yang sah, maka tidak diperbolehkan menyerang mereka bahkan wajin berupaya menciptakan rasa aman pada mereka …. Karena adat kebiasaan pemerintah sudah berlaku melindungi mereka dan itulah hakikat jaminan keamanan.
B. Sarana (instrumen) apa yang efektif dalam jihad bagi WNI di dalam negeri sendiri ?
Jawaban B
Mengingat tujuan utama berjihad adalah menunjukkan masyarakat dan mengajak mereka kepada ajaran tauhid dan syariat Islam, maka sarana (instrumen) jihad yang efektif antara lain melalui : berorasi, pendidikan, diskusi, karya tulis, politik, harta benda dan meluruskan aliran-aliran yang menyimpang. Apabila dengan cara-cara diatas tidak berhasil, maka barulah ditempuh dengan cara jihad fisik.
Ibarat :
مغنى المحتاج جز: 4 ص : 262 , ت : الشيخ محمد الخطيب الشربينى , ط : دار الفكر
وَوُجُوْبُ الْجِهَادِ وُجُوْبُ الْوَسَائِلِ لاَ الْمَقَاصِدِ اِذِ الْمَقْصُوْدُ بِالْقِتَالِ اِنَّمَا هُوَ الْهِدَايَةُ وَمَا سِوَاهَا مِنَ الشَّهادَةِ وَاَمَّا قَتْلُ الْكُفَّارِ فَلَيْسَ بِمَقْصُوْدٍ حَتىَّ لَوْ اَمْكَنَ الْهِدَايَةُ بِاِقَامَةِ الدَّلِيْلِ بِغَيْرِ جِهَادٍ كَانَ اَوْلىَ مِنَ الْجِهَادِ
Terjemah :
Kewajiban berjihad wajib pula sarana-sarananya bukan tujuannya, karena maksud berperang hanyalah menunjkkan (masyarakat) dan selainnya yaitu gugur syahid.Adapun membunuh orang kafir bukanlah merupakan tujuan sehingga jika menunjukkan masyarakat bisa dicapai dengan cara menegakkan dalil (argumen ) tanpa dengan cara jihad, maka hal itu lebih utama daripada jihad.
فـي فــتــاوى الــســبــكــي ، ص : 340-341 ، مــا نــصـــه :
فــإن الـمـقــصــود هـــدايــة الــخــلــق ودعــاؤهـــم إلـى الــتـــوحــيــد وشــرائــع الإســلام وتــحــصــيــل ذلــك لــهــم ولأعــقــابــهــم إلـى يــوم الــقــيــامــة فــلا يــعـــد لـــه شــيئ فــإن أمــكــن ذلــك بـالــعــلــم والـمـنــاظــرة وإزالــة الــشــبــهــة فــهــو أفــضــل . ومــن هــنــا نــأخـــذ أن مــداد الــعــلــمــاء أفـضــل مــن دم الــشــهـــداء . وإن لـــم يــمــكـن إلا بـالــقــتــال، قــاتــلــنــا إلــى إحــدى ثــلاث غــايــات ، إمــا هــدايــتـــهــم وهــي الــرتــبــة الــعــلــيـا ، وإمــا أن نــسـتــشــهــد دونــهــم وهــي رتــبــة مــتـــوســطــة فـي الــمـقــصــود ولــكــنــهــا شــريــفــة لــبــذل الـنــفــس الـتـي هــي أعـــز الأشــيــاء أفــضــل مــن حــيــث أنـــهــا وســيـلــة لا مــقــصــود مــفــضــولــة والــمــقــصــود إنــمــا هــو إعـــلاء كــلــمــة الله تــعــالـى . وإمــا قــتـــل الــكــافــر وهــي الــرتــبــة الــثــالــثــة و لــيــســت مــقــصــودة لأنــهــا تــفــويــت نــفــس يــتـــرجـى أن تــؤمــن وأن تـــخــرج مــن صــلــبــهــا مــن يـــؤمــن، ولــكــنــه هــو الــذي قــتــل نــفــســه بــإصــراره عــلـى الــكــفــر .
Khulashah :
Maksud daripada perang adalah menunjukkan mayarakat dan mengajak mereka kepada ajaran tauhid dan syariat Islam serta mengupayakan keberhasilannya bagi mereka dan anak cucunya sampai hari kiamat. Jadi tujuan tadi tak bisa diimbangi oleh suatu apapun. Kemudian apabila tujuan diatas masih bisa dicapai dengan kegiatan ilmiah, diskusi dan menyirnakan ajaran-ajaran mengkaburkan, maka itu lebih utama. Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa “Tinta para ulama’ lebih utama daripada darah para syuhada’ “. Dan jika tujuan diatas tidak bisa dicapai kecuali harus melalui jalan perang, maka kita bolehlah berperang guna mencapai satu diantara tujuan akhir dari perang yaitu (1) menunjukkan masyarakat dan ini yang tingkatan tertinggi (2) agar memperoleh status gugur syahid dan ini tingkatan tengah-tengah, dan (3) membunuh orang kafir dan ini merupakan tingkatan yang ketiga yang sebenarnya bukan tujuan daripada jihad.

جند الله ص : 364

ان هناك خمسة انواع من الجهاد اشير اليها بالكتاب اوالسنة الجهاد باللسان الجهاد التعليمى الجهاد باليد والنفس الجهاد السياسي الجهاد المالى
Terjemah :
Ada lima macam jihad yang saya isyaratkan berdasarkan al Kitab dan al Sunnah, yaitu dengan berorasi, jihad dalam bentuk pendidikan, jihad denagn fisik dan jiwa, jihad melalui jalur politik dan jihad dengan membelanjakan harta.


.

PALING DIMINATI

Back To Top