Bismillahirrohmaanirrohiim

Pengamal Maulid Adalah Ahlisunnah, Bukan Ahli Bid'ah

Orang yang pertama kali memperbarui pelaksanaan Maulid adalah penguasa Irbil, Raja al Mudzaffar Abu Said Kukburi bin Zainuddin Ali bin Biktikin (549-630 H, ipar Raja Shalahuddin al Ayyubi), salah seorang raja yang agung, besar dan mulia.

Perayaan Maulid secara besar-besaran yang beliau lakukan disampaikan oleh ahli hadis Adz-Dzahabi:

ﻭﺃﻣﺎ اﺣﺘﻔﺎﻟﻪ ﺑﺎﻟﻤﻮﻟﺪ ﻓﻴﻘﺼﺮ اﻟﺘﻌﺒﻴﺮ ﻋﻨﻪ؛ ﻛﺎﻥ اﻟﺨﻠﻖ ﻳﻘﺼﺪﻭﻧﻪ ﻣﻦ اﻟﻌﺮاﻕ ﻭاﻟﺠﺰﻳﺮﺓ ﻭﺗﻨﺼﺐ ﻗﺒﺎﺏ ﺧﺸﺐ ﻟﻪ ﻭﻷﻣﺮاﺋﻪ ﻭﺗﺰﻳﻦ، ﻭﻓﻴﻬﺎ ﺟﻮﻕ اﻟﻤﻐﺎﻧﻲ ﻭاﻟﻠﻌﺐ، ﻭﻳﻨﺰﻝ ﻛﻞ ﻳﻮﻡ اﻟﻌﺼﺮ ﻓﻴﻘﻒ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﻗﺒﺔ ﻭﻳﺘﻔﺮﺝ، ﻭﻳﻌﻤﻞ ﺫﻟﻚ ﺃﻳﺎﻣﺎ، ﻭﻳﺨﺮﺝ ﻣﻦ اﻟﺒﻘﺮ ﻭاﻹﺑﻞ اﻟﻐﻨﻢ ﺷﻴﺌﺎ ﻛﺜﻴﺮا ﻓﺘﻨﺤﺮ ﻭﺗﻄﺒﺦ اﻷﻟﻮاﻥ

Perayaan maulid Nabi yang dilakukan Malik Mudzafar ini tak mampu digambarkan dengan kata-kata. Umat Islam mendatanginya dari Iraq dan Jazirah. Dibuatkan tenda-tenda untuk beliau dan para pemimpin, dan dihias. Disana ada suara syair dan permainan. Beliau mengunjungi setiap Ashar lalu berdiri di masing masing tenda dan merasa senang. Hal itu dilakukan selama beberapa hari. Ia mengeluarkan sangat banyak dari sapi dan unta, disembelih dan dimasak berbagai warna masakan (Siyar A'lam an Nubala', XXII/336)

Malik Mudzafar yang menjalankan Maulid ini tidak dituduh sebagai ahli bidah oleh murid syekh Ibnu Taimiyah, Al-Hafidz Adz-Dzahabi:

ﻭﻛﺎﻥ ﻣﺘﻮاﺿﻌﺎ، ﺧﻴﺮا، ﺳﻨﻴﺎ، ﻳﺤﺐ اﻟﻔﻘﻬﺎء ﻭاﻟﻤﺤﺪﺛﻴﻦ

"Ia raja yang rendah diri, baik, *_Sunni (pengikut Ahlisunnah wal Jama'ah)_* dan mencintai ulama fikih dan ahli hadis" (Siyar A'lam an Nubala', XXII/336)

Di zaman old saja pengamal Maulid disebut Sunni oleh ahli hadis. Kok di zaman now mau disebut Bid'ah?

Ma'ruf Khozin, Anggota Aswaja NU Center PWNU Jatim

http://www.hujjahnu.com/2013/03/amaliyah-maulid-tradisi-bernilai-ibadah.html?m=1


.

PALING DIMINATI

Back To Top