Bismillahirrohmaanirrohiim

E-book Ahlussunnah Wal Jama'ah dan Ijtihad

Ahlus Sunnah wal Jama'ah
dan Ijtihad
Penyusun
A. Muchith Muzadi (Jember, 21 Muharram 1395)

  1. Ahlus sunnah wal jamaah adalah golongan yang selalu berusaha tetap di atas garis kebenaranassunnah wal jamaah, yaitu yang mempergunakan dasar al-Quran dan al-Hadits sebagai sumber utama agama Islam serta penghayatan para sahabat terkemuka sebagai petunjuk untuk mencapai garis kebenaran yang ada pada al-Quran dan al-Hadits.
  2. Penggunaan ar-ra'yu atau akal untuk menyimpulkan hukum agama atas sesuatu masalah yang tidak ada nash sharih/jelas dalam al-Quran dan al-Hadits disebut dengan ijtihad; yang dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain qiyas/analogi dan ijmak atau kesepakatan para mujtahid. Karena hanya sedikit orang yang mampu memenuhi persyaratan mujtahid, maka ada alternatif untuk menerima dan mengikuti hasil ijtihad orang lain yang disebut dengan bermadzhab.
  3. Generasi muda perlu memahami akar masalah antara mampu berijtihad, merasa mampu berijtihad, atau tahu diri tentang kemampuannya dalam memahami masalah agama agar tidak terjadi pertikaian dan membuat kelompok-kelompok baru yang menyendiri.
  4. Generasi tua perlu memberikan bimbingan terhadap generasi muda yang pada gilirannya akan menggantikan kemudi dalam perjalanan sejarah berikutnya, bagaimanapun kondisi keberagamaan generasi mudanya saat ditinggalkan.
Penyusun 
A. Muchith Muzadi (Jember, 21 Muharram 1395)
Editor: 
Ahmed Machfudh(Jakarta, 21 Dzulhijjah 1425)
Materi ebook ini di ambil dari situs PP Nurul Huda Salafiyah Syafi'iyyah
http://pesantren.or.id.42303.masterweb.net
Kompilasi Ebook Oleh: Ashhabur-royi.blogspot.com

(File CHM, Size 28,75 Kb)


.

PALING DIMINATI

Back To Top