Bismillahirrohmaanirrohiim

Kejadian kejadian yang diluar hukum biasa

الخوارق للعادة.

Kejadian kejadian yang diluar hukum biasa

١ - المعجزة هي أمر خارق للعادة مقرون بالتحدى الذى هو دعوى الرسالة أو النبوة مع عدم المعارضة.

1. MU'JIZAT adalah kejadian yang diluar hukum biasa, yang disertai dengan pengakuan sebagai nabi atau rasul dan tidak ada yang mampu menyamai, menandingi apalagi sampai mengalahkan.

Seperti terbelahnya bulan menjadi dua bagian.

Pohon dan batu mengucapkan salam kepada rasulullah saw.

Kerikil membaca tasbih di telapak tangan rasulullah saw.

DLL.

٢- الكرامة هي ما يظهر على يد عبد ظاهر الصلاح

2. KAROMAT adalah kejadian yang diluar hukum biasa munculnya dari hamba yang jelas kesalihannya ( para auliya ).

وأثبتن للأولياء الكرمة # ومن نفاها انبذن كلامه.

I'tiqodkanlah bahwa jawaz hukumnya para auliya dianugerahkan karomah oleh allah swt, baik semasa hidup ataupun setelah wafatnya.

وليس في مذهب من المذاهب الأربعة قول بنفيها بعد الموت، بل ظهورها حينئذ أولى، لأن النفس حينئذ صافية من الأقدار

Dan tidak ada satupun pendapat madzhab dari 4 madzhab yang menafikan adanya karomah setelah wafat,  justru tampaknya karomah setelah wafat itu lebih utama, karena jiwa setelah wafat itu bersih dari kekotoran.

ولذا قيل : من لم تظهر كرامته بعد موته كما كانت في حياته فليس بصادق.

Oleh karenanya disebutkan : siapa wali yang tidak tampak karomah setelah kewafatannya, sebagaimana karomah yang tampak semasa hidupnya,  maka itu bukan wali yang sesungguhnya.

وقال الشعراني : ذكر لي بعض المشايخ أن الله تعالى يوكل بقبر الولي ملكا، يقضى الحوائج وتارة يخرج الولي من قبره ويقضيها بنفسه.

Berkata Imam as sya'roni: sebagian masyayikh telah menceritakan kepadaku bahwa sesungguhnya allah swt mewakilkan satu malaikat di kuburan wali untuk memenuhi hajat hajat,  di lain waktu wali itu yang keluar dari kuburnya untuk memenuhi hajat.

٣ -  المعونة هي أمر خارق للعادة ما يظهر على يد العوام تخليصا لهم من الشدة.

3. MA'UNAT adalah kejadian diluar hukum biasa yang munculnya dari orang orang islam, untuk menyelamatkan mereka dari kesulitan Dll.

٤ -  إستدراج هو ما يظهر على يد فاسق خديعة ومكرا به.

4. ISTIDROJ adalah kejadian diluar hukum biasa yang munculnya dari orang fasiq sebagai tipuan untuk mereka agar semakin jauh dari allah.

٥ -  إهانة ما يظهر على يده تكذيبا له، كما وقع لمسيلمة الكذاب،  فإنه تفل في عين أعور لتبرأ،  فعميت الصحيحة.

5. IHANAH adalah kejadian diluar hukum biasa yang munculnya dari orang fasiq untuk mendustakannya,  sebagaimana yang terjadi kepada musailamah al kadzab,  suatu ketika ia meludahi orang yang matanya satu tidak melihat dengan tujuan supaya bisa melihat,  tapi kemudian yang terjadi bukannya melihat, justru mata nya yang melihat menjadi buta.

منقول من جوهرة التوحيد


.

PALING DIMINATI

Back To Top