Bismillahirrohmaanirrohiim

KERUWETAN SEBUAH PERUSAHAAN RELIGIUS


Oleh: Jum'an
 
Tersebutlah sebuah jaringan restoran cepat saji di AS yang mempunyai 1.600 outlet di 39 negara bagian yang bernama Chik-fil-A (CFA) sejenis KFC atau McDonalds. Pemiliknya Dan Cathy mengikrarkan bahwa CFA adalah perusahaan keluarga yang dikelola seasuai petunjuk Bible (oprate on biblical principles) dan menganut pengertian keluarga menurut Alkitab (Bible), artinya anti perkawinan sejama jenis. Pernyataanya itu telah menimbulkan pro-kontra, dukungan serta boikot. Tetapi komentar yang menarik datang dari Juliet Jeske, seorang wanita pelawak sekaligus aktris dan penulis. Ia menghargai CFA karena tutup pada hari Miggu sesuai dengan tradisi Kristen. Karena Minggu adalah hari Sabbath dan bekerja pada hari Sabbath dapat dihukum mati menurut Bible. Tapi yang lebih ia pertanyakan adalah apakah Mr. Dan Cathy ini pernah membaca Bible atau tidak.
 
Menurut ChristianAnswers.net, dalam Perjanjian Lama ada 23.214 ayat dan Perjanjian Baru ada 7.959 ayat. Dari 31.173 ayat itu, ada 6 ayat mengutuk kaum homo, diantaranya: "Apakah kamu tidak tahu bahwa orang jahat tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Tuhan? Jangan tertipu: Baik orang-orang mesum atau penyembah berhala atau pezina atau pelacur laki-laki atau kaum homo atau pencuri atau orang serakah atau pemabuk atau tukang fitnah atau penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Tuhan." "Orang-orang yang serakah" adalah bagian terbesar dari penduduk dalam sistem ekonomi kapitalis. Pezinah juga umum termasuk sebagian pendeta gereja. Tapi seberapa jauh Dan Cathy dengan CFA-nya telah mengikuti petunjuk Bible? Inilah beberapa ayat Bible yang harus diketahui kalau CFA tidak mau tebang-pilih:
 
Imamat 15:19-20: "Seorang wanita yang sedang datang bulan, ia dinyatakan tidak suci selama 7 hari dan siapa yang menyentuhnya tidak suci sampai malam". Im.19:19: "Jangan memakai pakaian yang terbuat dari lebih dari satu kain" Im.19:27 "Jangan memotong rambut atau bercukur jenggot." Im. 20:9: "Setiap orang yang mengutuk ibu atau bapaknya harus dibunuh." Im.20:10: "Jika seorang suami menipu istrinya, atau sebaliknya, maka suami dan wanita itu harus mati." Im.21:17-18: "Orang yang berhidung datar, atau buta atau lumpuh, tidak boleh mendekati altar." Im.11: "Termasuk makanan yang haram adalah, daging babi, burung pemangsa, kelinci, unta, kerang, kelelawar, tikus dan berbagai jenis kadal." Kitab Ulangan 13:12-15: "Jika kamu menemukan sebuah kota memuja Tuhan yang berbeda, hancurkan kota itu dan bunuh semua penduduk ... Termasuk binatangnya." Ul.17:2-7: "Bunuhlah orang yang agamanya berbeda." 1 Korintus 03:02: " Kamu tidak boleh mencampurkan susu dengan daging."
 
Jadi kita mau bertanya pada Mr. Dan Cathy apakah semua karyawannya berjenggot dan berambut panjang? Apakah CFA mengizinkan wanita haid bekerja? Dan bagaimana dengan menu yang mengandung produk babi dan susu dikombinasikan dengan ayam, apakah itu tidak melanggar aturan? Apa pakaian seragam mereka terbuat dari satu jenis kain saja? Apakah karyawannya boleh membunuh pelanggan atau karyawan lain yang bukan Kristen. Jika ada karyawan yang mengutuk orang tuanya, apakah mereka harus dihukum mati? Bagaimana mungkin mereka hanya mengutuk homoseks dan dengan entengnya mengabaikan hukum-hukum yang lebih ekstrim, padahal sama-sama Firman Tuhan? Siapa yang memutuskan mana firman yang berlaku dan mana yang tidak?  Kalau Dan Cathy benar-benar ingin hidup menurut tradisi keluarga dan menjalankan bisnisnya sesuai dengan hukum Bible, maka ia harus berhenti memilih-milih ayat mana  yang ia sukai mana yang tidak. Jika memang begitu, orang setidaknya dapat melihat karyawan CFA dengan ciri berjenggot dan berambut panjang........  Begitu tulis Juliet dalam Huffington Post 26 Juli lalu.

[http://m.facebook.com/notes/?id=1244030512&refid=17]


.

PALING DIMINATI

Back To Top