Bismillahirrohmaanirrohiim

Pendapat Mu'tamad dalam berfatwa dan berhukum dalam Madzhab Syafiiyah

Oleh Tedi Sobandi

Pendapat Mu'tamad dalam berfatwa dan berhukum dalam Madzhab Syafiiyah

Dalam Kitab Hasyiah Ianatut Thalibiin disebutkan:

أن المعتمد في المذهب للحكم والفتوى ما اتفق عليه الشيخان، فما جزم به النووي فالرافعي فما رجحه الأكثر فالأعلم والأورع.

Sesungguhnya pendapat yang mu'tamad didalam Madzhab (Syafi'iyah) untuk hukum dan Fatwa adalah pendapat yang disepakati oleh oleh dua Syaikh (Imam Nawawi dan Imam Rafii) kemudian pendapat yang dikukuhkan oleh Imam Nawawi, kemudian apa yang dikukuhkan oleh Imam Rafii, kemudian pendapat yang diunggulkan (ditarjih) oleh para Ulama Banyak (seperti Imam Ibnu Hajar dan Imam Ramli dll) kemudian apa yang diunggulkan oleh ulama yang lebih berilmu (setelahnya), kemudian apa yang diunggulkan oleh ulama yang lebih wara.

Tanya - Jawab

ورأيت في فتاوي المرحوم بكرم الله الشيخ أحمد الدمياطي ما نصه: فإن قلت ما الذي يفتي به من الكتب وما المقدم منها ومن الشراح والحواشي، ككتب ابن حجر والرمليين وشيخ الإسلام والخطيب وابن قاسم والمحلى والزيادي والشبر املسي وابن زياد اليمني والقليوبي والشيخ خضر وغيرهم، فهل كتبهم معتمدة أو لا، وهل يجوز الأخذ بقول كل من المذكورين إذا اختلفوا أو لا؟ وإذا اختلفت كتب ابن حجر فما الذي يقدم منها؟ وهل يجوز العمل بالقول الضعيف والإفتاء به، والعمل بالقول المرجوح، أو خلاف الأصح، أو خلاف الأوجه، أو خلاف المتجه، أو لا؟ 

Aku telah melihat dalam Fatwa Syaikh Ahmad Ad Dimyati Yang diRahmat oleh kemuliaan dan kebaikan Allah.

Jika menurut Syaikh, kitab apa yang (bisa) di (jadikan rujukan) berfatwa dari kitab-kitab dan apa yang didahulukan dari kitab Syarah dan Hasyiah, seperti kitab-kitab (Syarah) Ibnu Hajar dan Imam Ramli, Syaikhul Islam (Imam Zakaria Al-Anshari), Al-Khatib (As-Syirbini), Ibnu Qasim (al-Ghazi), Al-Mahalli, Zayadi, Sibromalisi, Ibnu Ziyad Al Yamani, dan Qolyubi dan Syaih Khidir dan yang lainya.

Apakah kitab-kitab mereka termasuk kitab yang Mu'tamad atau tidak.?

Apakah boleh mengambil dari pendapat semuanya (mana saja kitab) yang sudah disebutkan, apabila mereka berbeda pendapat, atau tidak.?

Apabila kitab-kitab karya Ibnu Hajar ada yang berbeda pendapat, maka kitab apa yang lebih di dulukan.?

Bolehkan beramal dengan pendapat yang dhaif dan memfatwakanya..? Dan mengamalkan pendapat yang di unggulkan, atau khilaful Ashah (menyelisihi pendapat Ashah / paling sahih), atau khilaful aujah (menyelisihi yang terbaik), atau khilaful muttajih (menyelisihi yang di arahkan), atau tidak ?

الجواب - كما يؤخذ من أجوبة العلامة الشيخ سعيد بن محمد سنبل المكي، والعمدة عليه -: كل هذه الكتب معتمدة ومعول عليها، لكن مع مراعاة تقديم بعضها على بعض، والأخذ في العمل للنفس يجوز بالكل.

Jawaban:

Sebagaimana yang di ambil dari jawaban-jawaban al-allaamah (yang banyak menguasai ilmunya) Syaikh Sa'id bin Muhammad Sunbul Al-Makki (As-Syafii), dan yang pokok padanya adalah: Semua kitab-kitab ini adalah Mu'tamad dan di jadikan sandaran dan landasan kepadanya, dan mengambil pendapat untuk dirinya pribadi boleh dengan kesemuanya (kitab-kitab yang sudah disebutkan)

وأما الإفتاء فيقدم منها عند الاختلاف التحفة والنهاية، فإن اختلفا فيخير المفتي بينهما إن لم يكن أهلا للترجيح، فإن كان أهلا له ففتى بالراجح.

Adapun berfatwa, maka kitab Tuhfah (Imam Ibnu Hajar) dan Nihayah (Imam Ramli) didahulukan dari kitab-kitab tersebut ketika ada perbedaan. Apabila Ibnu Hajar dan Ramli berbeda pendapat maka seorang yang berfatwa memilih dari keduanya (yang mana saja) jika dia bukan ahli dalam mentarjih pendapat, jika dia ahli dalam bertarjih, maka berfatwa dengan pendapat yang rajih (dari Imam Ramli dan Ibu Hajar)

ثم بعد ذلك شيخ الإسلام في شرحه الصغير على البهجة، ثم شرح المنهج له، لكن فيه مسائل ضعيفة.

Kemudian setelah itu (mendahulukan Kitab Tuhfah dan Nihayah) adalah Karya Syaikhul Islam (Zakaria al-Anshari) dalam kitab Syarah As-Shagir (yang mensyarahi) kitab al-Bahjah, kemudian Syarah Al-Minhaj (Fathul Wahhab) karya beliau, tetapi didalam Syarah Al-Minhaj (Fathul Wahab) banyak permasalahan yang lemah.

فإن اختلفت كتب ابن حجر مع بعضها فالمقدم أولا التحفة، ثم فتح الجواد ثم الإمداد، ثم الفتاوي وشرح العباب سواء، لكن يقدم عليهما شرح بافضل.

Apabila kitab-kitab Ibu Hajar berbeda dengan kitab-kitab Ibnu Hajar lainya, maka yang didahulukan terlebih dahulu adalah kitab At-Tuhfah (Syarah Minhaj Imam Nawawi), kemudian (urutan kedua) kitab Fathul Jawwad (Syarah Irsyad) kemudian kitab Al-Imadad, kemudian kitab Fatawa (Ibnu Hajar) kemudian Syarah Al Ubbab sama (sederajat dengan Fatawa), tetapi di dahulukan (terlebih dahulu) Syarah Bafadhal daripada kitab Fatawa dan Syarah Al-Ubbab.

وحواشي المتأخرين غالبا موافقة للرملي، فالفتوى بها معتبرة، فإن خالفت التحفة والنهاية فلا يعول عليها.

Dan kitab-kitab Hasyiah karya Ulama Muta'akhirin rata-rata selaras dengan pendapat Imam Ramli, maka berfatwa dengan kitab-kitab Hasyiah adalah Mu'tabarah, jika kitab-kitab Hasyiah berbeda dengan Tuhfah dan Nihayah maka jangan bersandar (dijadikan landasan kekuatan fatwa) pada kitab-kitab Hasyiah itu.

وأعمد أهل الحواشي: الزيادي ثم ابن قاسم ثم عميرة ثم بقيتهم، لكن لا يؤخذ بما خالفوا فيه أصول المذهب، كقول بعضهم: ولو نقلت صخرة من أرض عرفات إلى غيرها صح الوقوف عليها. وليس كما قال.

Dan kitab-kitab Hasyiah yang paling menopang (menjadi sandaran) adalah Kitab Hasyiah Imam Zayadi, kemudian Hasyiah Ibu Qasim, kemudian Hasyiah Amirah, kemudian sesisanya kitab-kitab Hasyiah, tetapi tidak di ambil (fatwa) dengan pendapat yang menyelisihi Ushul madzhab (pondasi madzhab Syafi'iyah) seperti perkataan pendapat mereka (sebagian Hasyiah): Jika batu (atau tanah) yang ada di tanah arofah dipindahkan ke tempat lain, maka sah wukuf pada batu itu (atau tanah itu), dan (pendapat itu) tidak seperti apa yang dikatakan (oleh pokok madzhab Syafi'iyah)

وأما الأقوال الضعيفة. فيجوز العمل بها في حق النفس لا في حق الغير، ما لم يشتد ضعفها، ولا يجوز الإفتاء ولا الحكم بها.

Adapun pendapat-pendapat yang dhaif (lemah) maka boleh beramal dengan pendapat itu untuk dirinya (haknya pribadi) tidak untuk orang lain (haknya umum), selagi dhaifnya tidak terlalu (banget dhaif), dan tidak boleh berfatwa dan berhukum denganya (pendapat dhaif)

والقول الضعيف - شامل لخلاف الأصح وخلاف المعتمد وخلاف الأوجه وخلاف المتجه.

Dan pendapat dhaif ini meliputi Khilaful Ashah (pendapat yang menyelisihi paling sahih) dan Khilaful Mu'tamad (pendapat yang menyelisihi Mu'tamad) dan Khilaful Awjah an Khilaful Muttajih

وأما خلاف الصحيح فالغالب أنه يكون فاسدا لا يجوز الأخذ به، ومع هذا كله فلا يجوز للمفتي أن يفتي حتى يأخذ العلم بالتعلم من أهله المتقين له العارفين به.

Adapun Pendapat Khilafus Sahih (menyelisihi pendapat yang benar) maka rata-rata pendapat itu adalah Fasid (Rusak) tidak boleh mengambil dengan pendapat itu. Dan dengan semuanya ini, maka tidak boleh bagi seorang Mufti untuk berfatwa sampai dia menimba ilmu dengan cara belajar dari Ahlinya yang Muttaqiin dan Arifiin (Mengenal betul dan mengamalkan betul Ilmu-Ilmunya)

وأما مجرد الأخذ من الكتب من غير أخذ عمن ذكر فلا يجوز، لقوله - صلى الله عليه وسلم -: إنما العلم بالتعلم.

Dapaun sekedar mengambil dari berbagai kitab sembari tidak mengambil (belajar) dari orang yang disebutkan maka tidaklah boleh, karena Sabda Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi wa Sallam:

إنما العلم بالتعلم.

Pastinya ilmu itu dengan (sebab/hasil) belajar.

ومع ذلك لا بد من فهم ثاقب ورأي صائب، فعلى من أراد الفتوى أن يعتني بالتعلم غاية الاعتناء.

Dan dengan itu, maka harus dari faham yang cerdas (tajam) dan pemikiran (pendapat) yang benar dan betul, maka wajib bagi orang yang ingin berfatwa untuk mementingkan dan mengkhususkan belajar dengan sebenar-benarnya kepentingan dan pengkhususan.

[البكري الدمياطي، إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، ١٩/١]

Sumber: Kitab Hasyiah Ianatut Thalibiin Juz 1 Hal 19

Mbah Yai Guru Ma'ruf Khozin , Mahmud Mahmud Ashfi Bagindo Pakiah 

Mohon Koreksinya 🙏😊


.

PALING DIMINATI

Back To Top