Bismillahirrohmaanirrohiim

Tips Memilih Pesantren untuk Anak Kita

Oleh Tsabit Abi Fadhil 

Hati-hati pilih pesantren, kalau salah pilih bisa2 anak anda malah tidak beruntung !! 
Lalu Pesantren yang bagaimana yang harus dipilih? 

Masuk Pesantren mana saja itu boleh, tidak harus Pesantren besar karena Pesantren besar itu belum tentu mengantarkan menjadi orang besar, meskipun potensinya besar. 

Begitu juga dengan Pesantren kecil bisa saja Pesantren kecil itu mengantarkan seseorang menjadi orang besar terlebih Pesantren kecil ini dibina oleh orang besar. 

Menjadi orang besar atau tidak itu bukan tujuan utama, soal itu biar Allah yang menentukan. Begitupun menjadi Alim, biarlah Allah yang menentukan, meskipun tetap harus diupayakan. tujuan utama masuk Pesantren ya mencari Ridho Allah, menghilangkan kebodohan, dan menghidupkan agama.. 

Yang perlu diperhatikan dalam memilih pesantren adalah :

1. Sanadnya jelas, bukan asal2an, apalagi yang motif profitable, hanya bisnis pesantren, sebaiknya dihindari. 

2. Pengasuhnya jelas, wira'i, alim, dan soleh. Jangan asal2an bisa2 anak anda dicangbuli atau disuruh mencari dana keliling desa jualan kalender dan kotak amal pembangunan abal2.

Biasanya dari de*ak dan ma*u*a, biasanya pondok kecil bbrpa kamar dengan bbrapa santri, bahkan hanya kontrakan dikasih plang. Lawong pondok ma*u*a kok jualan kalender sampai ungaran..😬

3. Kurikulum jelas, kitab2 yang diajarkan berbobot dan diampu oleh ustadz2 yang mapan terstruktur. Jangan kok memasukan anak ke pesantren yang belum jelas pelajarannya apa. 

Uniknya Ponpes NU itu selalu berfastabiqul khoirot dalam kurikulum, tidak ada kurikulum pasti dari atasan, bagusnya ya saling berlomba, buruknya ya pesantren kecil kalau nggak inovatif ya tertinggal. 

4. Peraturan dan keamanannya terorganisir dan tegas, bukan yang sak karepe dewe yang berdasarkan kesadaran sendiri. Kecuali pesantren tabarukan, beda lagi cerita karena hanya tabarukan saja bukan sebagai pondasi.. 

5. Cek afiliasinya, NU kah PKS kah MD kah Wahabi kah. Yang NU silahkan di NU, yang PKS silahkan di PKS, yang MD silahkan di MD, yang wahabi ya silahkan di wahabi..

Ada baiknya bagi orang tua sebelum memutuskan memasukan anaknya di Pesantren harus meneliti dahulu setidaknya 1 tahun, perlu cek profil kiainya dan lain sebagainya, agar sesuai apa yang diharapkan dan tidak terjadi perceraian guru dan murid gara2 hal2 yang terjadi di tengah perjalanan..


.

PALING DIMINATI

Back To Top