Bismillahirrohmaanirrohiim

MENGENAL PUTRA PUTRI KANJENG NABI MUHAMMAD SHOLLALLOOHU 'ALAIHI WASALLAM

Maaf sebelumnya,mungkin di antara kita sudah banyak yang mengetahui tentang putra-putri kanjeng Nabi SAW,tulisan ini anggap saja untuk menyegarkan kembali ingatan kita semua dan bagi yang belum begitu faham,mudah-mudahan ini bisa jadi ilmu dan masukan buat semuanya.

Banyak riwayat yang berbeda tentang berapa jumlah putra putri Rosulullah SAW.Ada yang mengatakn 6,7,11 dan 12.Saya tidak akan menulis panjang lebar riwayat-riwayat tersebut,karena yang paling shohih adalah 7,putra 3 dan putri 4.Semua putra putri Rosulullah SAW terlahir dari sayyidah Khodijah Al Kubro Rodhiyalloohu 'anhaa wa ardhoohaa,kecuali satu satu yaitu Ibrohim.Selengkapnya nama putra dan putri Nabi SAW adalah yang putra adalah Ibrohim,qosim dan abdullah.Sedang yang putri adalah Zainab,Roqoyyah,Ummi Kultsum dan fathimah Rodhiyalloohu 'anhum ajma'in.

Ibrohim adalah putra pertama Nabi SAW yang di lahirkan sebelum kenabian.Ibrohim tidak berusia panjang,dia hidup hany sampai baru bisa berjalan.Pendapat yg lain beliau hanya sampai usia 2 tahun.Menurut riwayat Mujahid,Ibrohim hanya hidup cuma tujuh hari saja,namun riwayat ini dianggap keliru oleh Imam Ghollaby (gollaby ini adalah Fadhl Bin Ghossan Al Ghollaby Al Baghdady.Seorang Muhaddits,sejarahwan.Wafat pada tahun 245 H.Lihat kitab "Mu'jam Al Mu'allifiin 8/71,"hadiyyatul 'Arifiin 1/181).Beliau berkata yang benar adalah bahwa Ibrohim hidup selama 17 bulan.

Ibnu faris berkata bahwa Ibrohim hidup sampai ia bisa naik kendaraan (onta atau kuda) dan meninggal sebelum bi'tsah.dalam kitab "Al Mustadrok" nya Al faryaby (Al faryaby adalah Ja'far Bin Muhammad Bin Hasan Bin Mustafadh.Abu Bakar Al Faryaby.Masa hidup beliau 207-301 H.Beliau seorang Qodhy dan Muhaddits.Lihat kitab "Al A'laam 2/127,Syadzaroot Adzdzahab 2/235,Tarikh Baghdad 7/199,Tadzkirotul Khuffadz 2/692 dan Mu'jam Al Buldan 6/372).Beliau mengatakan tidak ada dalil atau bukti akurat bahwa Ibrohim meninggal dalam masa islam.
Ibrohim adalah putra pertama Rosulullah SAW yang meninggal dunia.

Sedangkan Zainab adalah putri Nabi SAW yang paling besar diantara anak perempuan Rosul yang lain,dan ini tanpa ada khilaf.Yang terjadi khilaf hanya pada apakah zainab di lahirkan sebelum qosim ataukah qosim dulu baru zainab.Menurut Ibnu Ishaq,Zainab lahir pada tahun 33 dari kelahiran Nabi SAW.menemui masa islam dan ikut berhijrah.Zainab wafat tahun 8 H di pangkuan suaminya (anak laki2 dari bibi zainab sendiri) yaitu Abul 'Ash laqith,ada yang mengatakan namanya adalah Muhsyam Bin Robi' Bin Abdul 'Uzza Bin Abdu Syams.

Zainab mempunyai putra bernama Ali tapi meninggal saat masih kecil dan belum baligh.Sempat Rosulullah SAW memangku Ali naik kendaraan pada fathu makkah.Kemudian lahir pula dari zainab ini Umamah,Di mana Nabi SAW pernah membawanya pada sholat subuh dan berada di pundak Nabi SAW.Ketika Nabi SAW ruku',Umamah pun di letakkannya dan ketika bangun dari sujud utk melanjutkan rokaat berikutnya,umamah pun di angkatnya kembali di pundak beliau Shollalloohu 'alaihi wasllam.(Lihat Shohih Muslim Bab AlMasajid,hadits no 42, Shohih Bukhori .Kitabul Adab bab 18 no hadits 5696,Abu Dawud,kita sholat,bab 165,no hadits 918 dll).Zainab ini pada akhirnya di nikahi oleh Ali Bin Abi tholib setelah wafatnya fathimah Azzahro.

Putri Nabi SAW yang bernama Ruqoyyah lahir pada tahun 33 dari kelahiran Rosulullah SAW.Menurut Zuber Bin Bakr dan lainnya bahwa Ruqoyyah adalah perempuan yang paling besar diantara putri2 Nabi SAW,pendapat ini di shohihkan oleh Al Jurjany.namun yang paling shohih adalah sebagaimana mayoritas ulama mengatakan zainab adalah anak perempuan nabi SAW yang paling besar di antara putri Nabi Lainnya.

Ruqoyyah menikah denga 'Utbah Bin Abu Lahab dan adiknya Ummu kultsum menikah dengan saudara 'Utbahsendiri yaitu 'Utaibah.Ketika turun ayat :"تبت يدا أبى لهب وتب".Binasalah kedua tangan abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa".(QS Allahab 1).Abu Lahab La'natulloh berkata kepada kedua anaknya,Kalian akan aku bunuh jika tidak berpisah dengan kedua anak Muhammad.Lalu keduanyapun menceraikan masing2 istrinya dan belum sempat mendukhul/menjima'nya.

Utsman Bin 'Affan lalu menikahi Ruqoyyah di makkah,beliau dan ruqoyyah ikut hijar dua kali bersama Nabi SAW ke bumi Habsyah (Afrika).Ruqoyyah adalah salah seorang putri Nabi SAW yang parasnya cantik.Ruqoyyah wafat pada saat ayahanda tercintanya yaitu Baginda Rosulullah SAW sedang berjihad dalam perang Badr.Dalam riwayat Ibnu Abbas,ketika Rosulullah SAW Ta'ziyah setelah selesai berjihad dan datang ke rumah putrinya,beliau SAW berkata:"الحمد لله دفن البنات من المكرمات".Segala puji bagi Allah yang telah mengambil diantara wanita-wanita yang teramat mulia,Yakni Ruqoyyah".(HR Addaulaaby.Lihat Tarikh Baghdad karya Al Khothib Al Baghdady 5/67 dan 7.291,kitab Tahdzib tarikh Dimasyqy karya Ibnu Asakir 1/298 dan 7/279,Hilyatul Auliya 5/209,tafsir Al Qurthuby 17/82 dll).



Putri Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang bernama Ummi Kultsum menikah dengan 'Utsman Bin 'Affan pada tahun 3 H.Ummi Kultsum wafat pada tahun 9 H.Rosulullah SAW sendiri yang menjadi imam sholatnya.Sedangkan yang menggali kuburan adalah Sayyidina Ali Bin Abi Tholib,Fadhl dan Usamah Bin Zaid.Dalam Shohih Bukhori di jelaskan bahwa Nabi SAW ketika berada di samping kuburan Ummi Kultsum,nampak kedua mata beliau menitikkan air mata,lalu beliau berkata:"Siapakah diantara kalian yang bersedia meletakkan jasad putriku kedalam liang lahat:".Lalu Abu Tholhah berkata:"Saya Ya Rosulullah.".Kemudian Rosulullahpun memerintahkan Abu Tholhah utk turun ke kuburan.

Sedangkan Fathimah Azzahro Al Batuul dilahirkan tahun 41 setelah kelahiran Nabi SAW.Demikian menurut Abu Umar.Ini bertentangan dengan apa yang di riwayatkan oleh ibnu Ishaq bahwa beliau berkata Semua putra putri Nabi SAW di lahirkan sebelum nubuwwah kecuali Ibrahim.Menurut Ibnu Al Jauzy bahwa Fathimah Azzahroo Al Batuul di lahirkan 5 tahun sebelum nubuwwah.

Dalam sebuah riwayat,bahwa putri Nabi SAW yang bernama Fathimah ini,di sebut fathimah (menjaga/menutupi/melepas) karena Allah SWT telah menjaga Fathimah beserta keluarganya dari neraka kelak pada hari kiamat.(Riwayat Al Hafidz Addimasyqy).Sedangkan menurut riwayat Al Ghossany dan Al Khothib karena Allah SWT menjaga Fathimah dan orang-orang yang mencintainya dari nerka.(Imam Sayuthi dalam Jam'ul Jawami' 7780,Kanzul Umal 34227,Tanziih Asysyari'ah karya Ibnu 'Iroq 1/413).

Sedangkan Fathimah di sebut Al Batuul (terputus/terpisah) karena Fathimah berbeda dengan wanita-wanita lain di masanya,baik dalam soal agama,keutamaan dan keturununanya.Menurut pendapat lain karena fathimah adalah wanita yang melepaskan hatinya dari dunia dan selalu asyik dengan Allah.Demikian menurut Ibnu Al Atsir.

Fathimah Azzahro menikah dengan Ali Bin Abi Tholib pada tahun ke 2 Hijriyyah.Pendapat lain mengatakan setelah terjadi perang Uhud.Pendapat lainnya mengatakan Fathimah menikah dengan Sayidina Ali 4 bulan setengah setelah Nabi SAW menikahi 'Aisyah.Pendapat lain mengatakan terjadi di bulan safar tahu 2 H.dan masih ada beberapa riwayat lain yang berbeda.

Saat menikah dengan Ali Bin Abi Tholib,Usia Fathimah Azzahro 15 tahun 5 bulan setengah,sedangkan Ali Bin Abi Tholib usianya 21 tahun lima bulan.ada riwayat lain juga yang berbeda.

Menurut Abu Umar:Fathimah dan Ummi Klutsum adalah paling utamanya putri Nabi SAW.Fathimah adalah putri Rosulullah yang sangat di cintai oleh Rosul.Jika Rosulullah SAW hendak bepergian,beliau lebih dulu mencium putrinya fathimah,begitupun setelah pulang dari bepergian,Fathimahlah yang lebih dulu di temui oleh Rosulullah SAW.

Dalam sebuah hadits Rosulullah SAW bersabda;"Fathimah adalah bagian dariku,barang siapa memurkainya,berarti telah memurkaiku".(HR Bukhori 3417,Al Hakim dlm Al Mustadrok 3/158,Assunan Al Kubro imam baihaqy 7/64 dll).Dalam hadist lainnya Nabi SAW berkata kepada putri tercintanya ini;"Fathimah apakah engkau ridho bahwa engkau adalah pemimpin dari seluruh wanita mukmin".(HR Muslim 98,Musykilul atsar karya Atthohawy 1/51,ithaf Assadat Al Muttaqin karya Azzabidy 6/244 dll).Sedang dalam riwayat Ahmad Nabi bersabda:"Fathimah adalah paling utamanya wanita surga".(HR Ahmad 3/80 dan 5/391 dll).

Fathimah Azzahroo Al Batuul wafat 6 bulan setelah wafatnya Rosulullah SAW pada malam selasa,bulan ramadhan,tahun 11 H.Wafat dalam usia 29 tahun.Pernikahan Fathimah Azzahro dengan Ali Bin Abi Tholib melahirkan Hasan,Husen dan Muhassin (ada yg mengatakan muhsin).Muhassin meninggal saat masih kecil,kemudian ummi kultsum dan zainab.

Rosulullah SAW tidak punya keturunan selain dari putrinya Fathimah ra yang kemudian nasab Rosulullah yang mulia ini tersebar melalui sayyidinaa Hasan dan Husen.Sehingga jika di nisbatkan kepada keduanya,maka muncul Al Hasany dan Al Husainy.Di antara generasi pertama dari Dzurriyyah sayyidina Husen ra adalah keluarga Ishaq Bin Ja'far Ashshodiq Bin Muhammad Al Baqir Bin zainal Abidin Ali Bin HUsen Bin Ali Bin Abi Tholib Al Ishaqy.maka kemudian di sebut Al Husainy Al Ishaqy.

Ishaq ini adalah suami sayyidah Nafisah Binti Hasan Bin Zaid Bin Hasan Bin Ali Bin Abi Tholib.Terlahir dari sini dua orang yaitu Qosim dan Ummi kultsum namun tidak punya keturunan.Kemudian Umar Bin Khoththob menikahi Ummi Kultsum Binti fathimah mempunyai dua anak yang bernama Zaid dan Ruqoyyah namun tidak punya keturunan.Kemudian Ummi Kultsum menikah lagi setelah wafatnya Umar Bin Khoththob dengan 'Aun Bin Ja'far.Setelah 'Aun meninggal Ummi Kultsum menikah lagi dengan saudaranya 'aun sendiri yaitu Muhammad Bin Ja'far,lalu muhammad Bin Ja'farpun wafat.Setelah wafatnya Muhammad Bin Ja'far,Ummi Kultsum menikah lagi dengan saudara dari 'aun dan Muhammad ini yaitu Abdullah Bin Ja'far lalu dengan yang terakhir ini Ummi kultsum wafat.dari ketiga saudara yang menikahi ummi kultsum ini tidak ada yang memberi keturunan,hanya satu dari Muhammad Bin Ja'far yaitu anak perempuan kecil yang akhirnya tidak juga punya keturunan.

Setelah wafatnya Ummi kultsum,maka Abdullah bin Ja'farpun menikahi saudara perempuan ummi kultsum yang bernama zainab Binti fathimah dan mempunyai beberap orang anak di antaranya adalah Ali dan Ummi Kultsum.Ummi kultsum yang ini menikah dengan anak pamannya sendiri yang bernama Qosim Bin Muhammad Bin Ja'far Bin Abi Tholib,dan punya beberapa anak di antaranya Fathimah yang kemudian di nikahi oleh Hamzah Bin Abdullah Bin Zuber Bin Awwam yang juga punya keturunan.

Jadi di sini ada kesimnpulan penting bahwa keturunan dari Abdullah Bin Ja'far tersebar melalui Ali dan adiknya Ummu Kultsum yang dua-duanya ini terlahir dari rahim zaenab Binti fathimah azzahro.Dzurriyyah yang datang setelahnya dari keturunan ini biasa di sebut dengan Ja'fary.Berarti jelas tak ada keraguan sedikitpun mengenai kemuliaan nasab ini.bagaimanapun kemuliaan keluarga yang di nisbatkan kepada Ja'far ini tetap di bawah kemuliaan dzurriyyah yang di nisbatkan kepada Sayyidina Hasan dan Husen.Laqob atau gelar Syarif (orang2 mulia berdasar keturunan) ini juga di berikan pada golongan Abbas atau abbasiyyun karena mereka bersal dari keluarga Bani Hasyim.

Al Hafidz Ibnu Hajar berkata bahwa golongan gelar"syarif" diberikan kepada Abbasiyyin di baghdad dan gelar "Alawy" di mesir.Syarif dan Alawy maknanya sama yaitu mulia.


.

PALING DIMINATI

Back To Top