Bismillahirrohmaanirrohiim

MENGENAL NAMA-NAMA KITAB SYARAH SHOHIH BUKHORI

BISMILLAHIRROHMAANIRROHIM.WASSHOLAATU WASSALAAMU 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMMMAD IBNI ABDILLAH.
Kita ketahui syarah kitab "shohih bukhori" sangatlah banyak.Diantaranya ada yang menyebut syarah tersebut ada 70 syarah dan ada yang menyebut hingga 82 syarah.Berikut  beberapa saja nama kitab yang mensyarahi "Shohih Bukhori", yang termasuk kitab-kitab mu'tabaroh.

1- "Fathul bary Bi Syarhi Shohihil Bukhori".karya Imam besar Al Hafidz,Syaikhul Islam Abul Fadhl Ahmad Bin Ali bin Hajar Al'Asqolany Asysyafi'i (wafat pada tahun 852 H).Beliau lebih populer dengan nama Imam Ibnu Hajar Al Asqolany.

Kitab ini adalah kitab yang paling banyak di jadikan rujukan oleh para muhadditsin dan paling berbobot diantara syarah-syarah shohih bukhori yang lain.Imam Ibnu hajar rohimahulloh,mengarang kitab tersebut selama 25 tahun,dimulai pada tahun 817 H dan selesai pada tahun 842 H. Pada saat khatam mengarang kitab ini,di adakan haflah besar2an di cairo yang di hadiri para pejabat pemerintahan,para ulama,tokoh masyarakat,para qodhi dan fudhola.Walimah (tasyakkuran) tersebut memakan biaya hingga 500 Dinar (ga tau berapa tuh kalau di ru[iahkan....ga ngerti).Semua hadirin dan pengunjung tumpah ruah,para pedagang memanfaatkan acara tersebut utk berjualan,pasar-pasar mendadak menjadi ramai,seakan-akan tak ada satupun warga cairo mesir pada saat itu yang ketinggalan merayakan khatamnya karangan Imam Besar Ahlussunnah Wal jamaah ini....Jazaakalloh ya Imamunaa Ibnu hajar 'annaa wa'anil muslimiin.

2- "Irsyadussaary Li Syarhi Shohihil Bukhori".karya Al Imam Al 'Allamah Al faqiih Al Musnid Syihabuddin Ahmad Bin Muhammad Bin Abi bakar Al Qosthollany Asysyafi'i.(Wafat pada tahun 923 H).Beliau lebih di kenal dengan sebutan Al Imam Al Qosthollany.Syarah yang juga luar biasa dan syarah ini banyak juga terilhami oleh nur kitab fathul bary.(Kitab ini dalam cet.Daar Alkutub Al-Ilmiyah.Cetakan tahun 2009 berjumlah 15 jilid).Insya Allah kitab ini tidak terkontaminasi virus-virus madzhab lain didalamnya...Ya Allah jagalah kitab Ahlussunnah wal jamaah ini.

3-"Tuhfatul Bary Bi Syarhi Shohihil Bukhori".Karya Al hafidz Al Mu'ammar Syaikhul Islam Zakariyya Bin Muhammad al Anshory Al Mishry Asysyafi'i.Wafat pada tahun 926 H.Beliau adalah murid Imam Ibnu Hajar Al 'Asqolany.Kitab ini di cetak dalam 12 jilid.

4-"Attausyih 'Alal Jami'i ashshohih".Karya Imam Al hafidz jalaluddin Abdurrahman Bin Abi Bakar Assuyuthy Asysyafi'i.Wafat pada tahun 911 H.Sebuah kitab yang sangat lugas dan jelas,didalamnya banyak sekali pesan-pesan yang mendalam dari sang Imam.Kitab ini hampir sama dengan kitab "Attanqih" karya Imam Azzarkasyi.Mungkin kitab ini adalah kitab ringkasan Attanqih.

5- "Attarsyih 'Alal Jami'i Ashshohih".Masih karya Imam Jalaluddin Assuyuthi rohimahulloh.Namun kitab ini tidak sampai selesai beliau karang.

6-"Syarhu Shohihl Bukhori".karya Abul qosim Al Muhallab Bin Ahmad Bin Asid Bin Abi Shufroh Al Asady Al Andalusy.Wafat pada Tahun 435 H.
Beliau mengambil dari Abu Muhammad Al Ashily,Abul Hasan Al Qobisy dan Abu Dzar Al Harowy.Beliau adalah salah satu Imam yang sangat cerdas dan terkenal kefasihan lisannya.

7-"Syarhul Jami' Ashshohih".Karya Abul Hasan Ali Bin Kholaf Al Qurthuby Al Maliky yang lebih populer dengan sebutan Ibnu Baththol.Wafat pada tahun 449 H.Kitab ini didalamnnya sarat dengan fiqh Maliky.


8- "A'Laam Assunan".Karya Imam Abu Sulaiman Hamd Bin Muhammad Al Busty,yang lebih populer dengan sebuatan Imam Al Khoththoby.Wafat pada tahun 388 H.Syarah ini seperti sebuah ringkasan yang hanya di cetak dalam 1 jilid,namun di dalamnya cukup banyak hikmah dan sarat makna.Beliau Al Khoththobi sebelum mengarang kitab "A'laam assunan",beliau juga mengarang kitab sebelumnya yang cukup terkenal yaitu "Ma'aalim Assunan".

9-"Al Mukhbir Al Fashih Fii Syarhil bukhori Ashshohih".Karya Abu Muhammad Abdul Wahid Bin Attin Assafaaqisy Al Maliky.Wafat pada tahun 611 H.Kitab ini di samping penyarahan seputar hadits,juga sarat pengembangan soal fiqh.


10-"Syarhul Jami'i Asshohih".Karya Imam Zainuddin Ali Bin Muhammad Bin Manshur Al Iskandary Al Maliky.Yang terkenal dengan sebutan Ibnu Al Munayyir.Wafat tahun 695 H.Syarah ini mencakup 10 jilid,namun belum sampai pada tahap sempurna.

11-"Al Badrul Munir Assaary Fil kalaam 'Alal Bukhori".Karya Al Hafidz Al Faqiih Qutbuddiin Abdul Karim Bin Abdunnur Bin Munir Al Halaby Al Mishry Al hanafy.Wafat tahun 735 H.Kitab syarah shohih bukhori yang inipun tidak selesai dan hanya sampai separuhnya saja,tapi sudah di cetak 10 jilid.


12-"Attalwiih fii Syarhil Jami' Ashshohih".Karya Al hafidz Al faqiih Al Mu'arrikh (Sejahrawan) 'Alaa'uddiin Mugholthoy Bin Qoliij Atturky Al Mishry Al hanafy.Wafat tahun 762 H.Syarah ini sangat panjang,terdiri dari 20 jilid.Menurut Imam Al Kirmany:"Kitab syarah ini begitu sempurna,seakan akan pengarangnya sangat mengetahui maksud dan arah isi kitab fathul bary,menjelaskan lafadz-lafadz dan penjelasan makna yang sangat gamblang".

13-"Al Kawakib Addaroory Fii Syarhi Shohihil Bukhori".Karya Al Imam Al Muhaddits Al faqiih Al Mufassir Syamsuddin Bin Yusuf Bin Ali Al Kirmany Asysyafi'i.Wafat tahun 768 H.Syarah ini cukup terkenal dan berbobot,mencakup berbagai pelajarn dan hikmah yang sangat dalam.


14-"Syarhul Jami' ashshohih".Karya Imam Badruddin Muhammad Bin Bahadur Bin Abdullah Azzarkasyy Al Mishry Asysyafi'i.Wafat tahun 794 H.Kitab syarah bukhori yang cukup besar dan lengkap.

15-"Attanqiih Li Alfaadzil Jami' Ashshohih".masih karya Imam Badruddin Azzarkasyi.Kitab ini ringkasan dari syarah besarnya,yakni "Syarhul jami' Ashshohih".Namun kitab ini lebih spesifik menjelaskan lafadz dan kalimat dalam i'robnya.Selain itu dalm kitab ini juga beliau menympulkan dari setiap keterangan yang ia tulis dan kemukakan,mana yang ia pilih dan rajihkan,pendapat-pendapat yang paling bagus dan seterusnya.

16-"Fathul Bary Bi Syarhil Jami' Ashshohih Lil Bukhori".Karya annaqid Al hafidz Al faqih Zainuddin Abdurrahman Bin Ahmad,yang lebih populer dengan sebutan Ibnu Rojab Al Hanbaly.Wafat tahun 795 H.Kitab ini tidak rampung,hanya sampai pada kitab Al janaiz.


17-"Umdatul Qory Fii Syarhi Shohihil bukhri".Karya Imam Al Hafidz Badruddin mahmud Bin Ahmad Al 'Ainy Al hanafy.Wafat tahun 855 H.Kitab Syarah ini cukub besar,namun penyebarannya tidak sehebat "fathul bary'.Padahal kitab ini isinya banyak mengikuti Fathul barynya Imam Ibnu hajar al Asqolany.

18-"Syawahid Attaudlih Li Syarhil jami' ashshohih".Karya Al hafidz Sirojuddin Umar Bin Ali Bin Ahmad yang lebih terkenal dengan sebutan Ibnul Mulaqqin Al Mishry Asysyafi'i.Wafat tahun 804 H.Kitab ini terdiri dari 20 jilid besar.Kitab ini lebih banyak berpegang pada kitab syarahnya Al Quthb Al Halaby dan syarahnya Mugholthoy.Hanya menambahkan sedikit2 saja dari beliau.Al Hafidz Sirojuddin ini termasuk guru Imam Ibnu Hajar Al 'Asqolany.

19-"Fathul Bary Bissihil Fasiih Al Jary Fii Syarhi Shohihil Bukhori".Karya Imam Majduddin Muhammad Bin Ya'qub Al Fairuz Abady Asysyafi'i.Wafat tahun 817 H.Sayang kitab ini belum sampai finish,hanya seperempat masalah ibadah dan sudah ada sekitar 20 jilid.Kitab ini agak kontroversial karena di dalamnya banyak mengambil maqoolat Ibnu Aroby dalam "Futuuhat"nya,yang oleh sebagian ulama dianggap nyleneh.


20-"Allaami' Ashshobih Al Mursyid ilaal jami'i ashshohih".Karya Al 'Allaamah Al faqiih Syamsuddin Muhammad Bin Abduddaa'im Bin Musa Al Birmawy Al Mishry Asysyafi'i.Wafat tahun 831 H.Syarah yang sangat bagus,namun hanya terdiri dari 4 jilid.Menurut pengarangnya,kitab ini hanya mengumpulkan antar Syarahnya Al Kirmany dengan ringkas dan Attanqiihnya Imam Azzarkasy dengan menambahkan sedikit penjelasan.

21-"Attalqiih Li Fahmi Qoori Ashshohih".Karya Al hafidz Ibrohim Bin Kholil Al halaby,yang lebih terkenal dengan sebutan Sibthu Ibni Al 'Ajamy.Wafat tahun 841 H.Kitab ini terdiri dari 4 jilid.


22-"Faidlul Bary 'Alaa Shohihil bukhori".Karya Al Imam Al Hafidz Al faqih Al Mufassir,ahli ushul dan sastra,Muhammad Anwar Syah Al Kasymiry.Wafat tahun 1352 H.Syarah agung terdiri dari 4 jilid besar.Kitab ini banyak terdapat hal-hal baru yang tidak terdapat dalam kitab-kitab syarah shohih bukhori sebelumnya.


23-"Kautsarul ma'any Addarory Fii Kasyfi Khobaya shohihil bukhory".Karya Al Imam Al Muhaddits Al 'Allaamah Muhammad Al Khodlir Bin Sayyid Abdullah Bin Ahmad Al jakny Asysyinqithy.Wafat tahun 1354 H.Syarah ini di cetak dalam 14 jilid.


.

PALING DIMINATI

Back To Top