Bismillahirrohmaanirrohiim

SYEKH YUSUF AN-NABHANI, SANG PEMBELA NASAB BAALAWI

Oleh Iwan Mahmud Al Fatah 

Beliau adalah seorang ulama yang multi talenta yang berasal dari Palestina. Diantara sekian banyak ulama, Syekh Yusuf An-Nabhani dikenal sebagai sosok yang mencintai ahlul bait Rasulullah. Beliau bahkan berapa kali bermimpi bertemu dengan Rasulullah SAW.

Salah satu pengakuannya yang penting dalam ilmu nasab adalah ketika beliau menulis nasab Baalawi yang tergolong nasab yang sangat shahih sebagai keturunan Rasulullah. Tentu pengakuan beliau ini bukan hanya sekedar pengakuan mengingat beliau seorang cendikiawan Islam yang hebat. Pengakuan beliau ini sudah saya masukkan ke dalam buku yang saya susun berjudul "Mengungkap Fakta Keturunan Walisongo".

Beliau telah banyak menulis kitab dengan berbagai tema. Salah satu karyanya yang banyak menjelaskan tentang kisah² keturunan dari Al Imam Ubaidhillah bin Al Imam Ahmad Muhajir terdapat dalam kitab yang disusunnya berjudul "Jami Karomatul Aulia" atau KISAH KERAMAT PARA WALI. Buku tersebut sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Yusus Ali Al Muhdor dan diterbitkan oleh Penerbit Toha Putra Semarang, kebetulan puluhan tahun yang lalu saya sudah memilikinya dan menjadi salah satu buku koleksi yang paling saya jaga dari siapapun yang mau meminjamnya 🙂

Syekh Yusuf An-Nabhani banyak menurunkan sanad keilmuannya kepada ulama besar tidak terkecuali ulama² Nusantara dan ulama besar lainnya di dunia ini menunjukkan jika beliau bukanlah ulama kaleng kaleng. Mbah Hasyim Asy'ary adalah salah satunya. Selain itu Mbah Hasyim juga sama sama belajar bersama cucu beliau yang bernama Syekh Taqiyudin An-Nabhani pendiri Hizbut Tahrir. Jika Mbah Hasyim memilih langkah Resolusi Jihad, Syekh Taqiyudin lebih memilih jalur politik. 

Pengakuan beliau akan nasab Baalawi tentu didasari akan latar belakang keilmuwannya yang mumpuni...Sifatnya yang rendah hati dan welas asih kepada sesama merupakan manefestasi akan jiwa kesufiannya yang begitu kental. Integritasnya juga dikenal sangat baik sehingga tentu apa yang beliau tulis dan beliau ungkapkan benar adanya...

Sebagai bangsa Arab apalagi yang berada di kawasan Palestina tentu persoalan dan seluk beluk nàsab pasti beliau ketahui. Beberapa pengetahuan yang kami dapat di Palestina memang banyak terdapat keturunan Nabi Muhammad SAW termasuk dulu Syekh Muhammad Amin Al Husaini Mufti Agung Yerusalem.

Bagaimana dengan nasab beliau sendiri yang berasal dari Bani Nabhan di Palestina ? (Nanti ada pembahasan khusus saja deh 🙂)

Alfatehah untuk Syekh Yusuf An-Nabhani..

Wallahu A'lam bisshowwab...


.

PALING DIMINATI

Back To Top