Bismillahirrohmaanirrohiim

AMALAN WIRID PENCERAH HATI

Oleh Abdul Wahhab Ahmad 

Seorang ulama sufi ahli ibadah memberikan sebuah amalan untuk mencerahkan hati sehingga hati terbuka untuk hal-hal positif atau dengan ungkapan lain hatinya tidak mati. Caranya adalah dengan rutin membaca wirid berikut ini sebanyak 40x setiap hari. Waktu membacanya adalah di antara shalat sunnah qabliyah subuh dan shalat subuh. Berikut ini wiridnya:

يا حَيُّ يا قَيُّومُ لا إلَهَ إلّا أنْتَ بِرَحْمَتِكَ أسْتَغِيثُ

Silakan diamalkan wirid ini dan tak perlu tanya-tanya dalilnya sebab ini bid'ah hasanah. Jadi jangan tanya kenapa waktu dan jumlah pengulangannya ditentukan sebab memang yang demikian tidak ada dalil ayat atau hadisnya tapi berasal dari tajribah atau pengalaman orang-orang shalih yang sudah teruji manjur. 

Kalau anda bertanya ke orang Wahabi, pasti amalan ini dibid'ahkan secara mutlak dan dianggap sesat dan menyebabkan masuk neraka. Seperti dalam fatwa lajnah da'imah, mufti mereka berkata:

أما ما كان مشروعا من الذكر دون تحديد بعدد فيشرع الذكر به دون التزام عدد معين فيه
"Adapun zikir yang disyariatkan tanpa menentukan batasannya dengan jumlah tertentu, maka disyariatkan membacanya tanpa mewajibkan jumlah tertentu"

Tak usah anda hiraukan fatwa mereka itu. Kaidahnya cacat dan dasar mereka lemah. Ikuti saja amalan di atas agar mendapat pencerahan.

Ohya, ulama Shufi yang memberikan ijazah wirid tersebut bernama Syaikh Ibnu Taymiyah. Beliau mengijazahkannya kepada muridnya yang bernama Ibnu Qayyim al-Jauziyah lalu dicatat dalam buku tasawufnya yang berjudul Madarij as-Salikin. Begini redaksi lengkapnya:

وكانَ شَيْخُ الإسْلامِ ابْنُ تَيْمِيَّةَ قَدَّسَ اللَّهُ رُوحَهُ شَدِيدَ اللَّهْجِ بِها جِدًّا، وقالَ لِي يَوْمًا: لِهَذَيْنِ الِاسْمَيْنِ وهُما الحَيُّ القَيُّومُ تَأْثِيرٌ عَظِيمٌ فِي حَياةِ القَلْبِ، وكانَ يُشِيرُ إلى أنَّهُما الِاسْمُ الأعْظَمُ، وسَمِعْتُهُ يَقُولُ: مَن واظَبَ عَلى أرْبَعِينَ مَرَّةً كُلَّ يَوْمٍ بَيْنَ سُنَّةِ الفَجْرِ وصَلاةِ الفَجْرِ يا حَيُّ يا قَيُّومُ، لا إلَهَ إلّا أنْتَ، بِرَحْمَتِكَ أسْتَغِيثُ حَصَلَتْ لَهُ حَياةُ القَلْبِ، ولَمْ يَمُتْ قَلْبُ (مدارج السالكين ١/٤٤٦)

Semoga bermanfaat.


.

PALING DIMINATI

Back To Top