Bismillahirrohmaanirrohiim

Sombong Adalah Penyakit Semua Orang

Oleh Abdul Wahhab Ahmad 

Banyak orang yang salah menyangka bahwa sombong hanyalah penyakitnya orang hebat, orang kaya, orang pintar dan sebagainya. Sebenarnya, sombong itu penyakit yang bisa diderita semua orang dalam semua strata sebab hakikat kesombongan adalah meremehkan orang lain dan ini dapat dilakukan semua orang.  Begini contohnya:

- Orang kaya sombong ketika dalam hatinya berkata: "Aku lebih baik dari orang-orang miskin yang tidak punya apa-apa itu"

- Orang miskin juga sombong ketika dalam hatinya berkata: "Buat apa mereka kaya kalau tidak bisa seperti aku? Mereka itu hakikatnya lebih rendah dariku"

- Orang berilmu sombong ketika dalam hatinya berkata: "Mereka yang bodoh itu derajatnya jauh di bawahku"

- Orang bodoh juga sombong ketika dalam hatinya dia berkata: "Mereka yang katanya berilmu itu sebenarnya tidak bijak dan tidak mengamalkan ilmunya. Percuma saja ilmunya sebab tidak seperti aku". 

- Bahkan orang yang sedang menunduk mencium tangan orang lain saja bisa terkena kesombongan ketika saat dia menunduk hatinya berbicara: "Sesungguhnya orang ini tak layak kucium tangannya sebab sebenarnya kami tidak berbeda. Hanya saja aku mencium tangannya agar terlihat bahwa aku lebih tawadhu/rendah hati dan itu artinya aku lebih baik".

Kasus lain dapat dikiaskan sendiri.


.

PALING DIMINATI

Back To Top