Bismillahirrohmaanirrohiim

Kisah Singkat Keahlian KH. Tubagus Muhammad Falak

Oleh Erik Mahendra

Dulu ketika kuliah, pernah dapat tugas dari Dosen untuk menulis biografi tokoh Ahli Ilmu Falak. Saat itu, aku memilih untuk menulis biografi KH. Tubagus Muhammad Falak atau yang lebih akrab dipanggil Abah Falak.

Kenapa aku lebih memilih beliau?

Jawabannya, karena landasan cinta. Meskipun aku belum pernah bertemu dan menimba ilmu kepada beliau secara langsung. Namun, aku sangat mencintai beliau. Rasa cinta itu muncul, saat aku membaca buku "Ahli Falak Dari Pesantren", yang salah satu tokohnya adalah beliau. Dan, besar harapan agar beliau berkenan menganggap Al-Faqir sebagai murid. Amin.

Beliau termasuk ulama' khos yang banyak melahirkan murid-murid terbaik. Seperti KH. Zainuddin Abdul Majid - Pendiri Nahdlatul Wathan -, KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani - Guru Sekumpul - dan masih banyak yang lainnya.

Abah Falak pernah menimba ilmu di tanah suci. Kurang lebih 21 tahun beliau belajar di sana. Konon, selama belajar di Mekah, beliau bersahabat dengan dua tokoh pendiri Nahdlatul Ulama', yakni Hadratus Syeikh KH. Hasyim Asy'ari dan KH. Abdul Wahab Hasbullah.

Beliau belajar Ilmu Falak kepada Sayyid Affandi asal Turki. Saking mahirnya beliau dalam menguasai detail - detail keilmuan ini, membuatnya dianugerahi gelar khusus oleh gurunya tersebut, yakni gelar "Falak". Gelar ini yang kemudian menyatu dengan namanya menjadi "Tubagus Muhammad Falak".

Kepakaran beliau dalam penguasaan Ilmu Falak pernah disaksikan secara langsung oleh santri-santrinya. 

Suatu ketika, saat beliau sedang mengisi pengajian untuk santri-santri, beliau berkata : "Lampu di dekat saya ini akan mati pada jam, menit, dan detik sekian".

Para santri bergegas mencatat apa yang telah dikatakan oleh Kyainya tersebut. Benar saja, tepat di waktu yang disebutkan tadi, lampu tersebut mati.

Selain sebagai ulama Ahli Falak, beliau juga sebagai seorang Mursyid Thariqah Qadiriyah wan Naqsyabandiyah.

Kewafatan Beliau

Beliau dianugerahi oleh Allah umur yang panjang, yaitu 130 tahun. Pada tanggal 19 Juli 1972 beliau dipanggil menghadap kehadirat Allah SWT.
رب فانفعنا ببركته.
 له الفاتحة...


.

PALING DIMINATI

Back To Top