Bismillahirrohmaanirrohiim

PEMBAGIAN MAHROM (Orang yang tidak boleh dinikah)

PEMBAGIAN MAHROM
(orang yang tidak boleh dinikah)

1. Mahrom Nasab. Yaitu mahrom yang disebabkan oleh hubungan nasab. Orang-orang yang masuk golongan ini adalah: 1. Orang tua, 2. Anak, 3. Saudara, 4. Sepupu (anak dari saudara), 5. Pamab/bibi

2. Mahrom Rodlo’. Yaitu hubungan mahrom yang terjadi sebab menyusui. Orang yang masuk kategori ini sama persis dengan golongan pertama (Mahrom Nasab)

3. Mahrom Mushoharoh. Yaitu status mahrom yang terjadi sebab pernikahan. Adapun orang yang termasuk dalam jenis mahrom ini adalah: 1. Mertua, 2. Saudara ipar, 3. Paman/bibi istrinya. Perlu digaris bawahi bahwa status mahromnya saudara ipar dan paman/bibi akan hilang manakala kita sudah berpisah dengan sang istri, melalui perceraian maupun kematian. Sedangkan status mahromnya mertua bersifat ta’bid (permanen), baik sudah bercerai maupun belum.

4. Mahrom Syubhat. Terjadi karena kita menggauli (intim) seorang wanita yang kita sangka sebagai istri, ternyata orang lain. Wanita ini dan anak-anaknya hukumnya mahrom.

5. Mahrom Mula’anah. Terjadi sebab seorang suami menuduh zina/selingkuh dengan orang lain. Ketika terjadi kasus seperti ini maka mereka secara otomatis dihukumi bercerai dan bagi si suami tidak boleh menikahi istrinya kembali walaupun dengan bantuan muhallil. (Ba-in kubro)

6. Mahrom Ihtirom. Yaitu mahrom yang disebabkan karena status kemuliaan/kehormatan. Seperti istri-istri Nabi SAW

7. Mahrom ‘Aridliy. Mahrom yang bersifat kondisional. Terjadi karena ada suatu penyebab yang keberadaannya tidak pasti. Seperti karena sedang ihrom, berbeda agama dan murtad.
Allohu a'lam.

كاشفة السجا ٦٤
وحاصله أن اللمس ناقض بشروط خمسة
خامسها: عدم المحرمية ولو احتمالاً والمحرم من حرم نكاحها ويكون تحريمها على التأبيد بسبب مباح لا لاحترامها ولا لعارض يزول فاحترز بقولهم على التأبيد عن أخت الزوجة وعمتها وخالتها فإن تحريمهن من جهة الجمع فقط، وبقولهم بسبب مباح عن بنت الموطوأة يشبهه وأمها لأن وطء الشبهة لا يوصف بإباحة ولا تحريم، وعن الملاعنة لتحريم سبب حرمتها وهو الزنى، وبقولهم لا لاحترامها عن زوجات النبي صلى الله عليه وسلّم فإن تحريمهن لاحترامهن فإنهن يحرمن على الأمم وعلى الأنبياء أيضاً لأنهم من أمته صلى الله عليه وسلّم ولو لم يدخل بهن بخلاف إمائه صلى الله عليه وسلّم فلا يحرمن على غيره إلا إن كن موطوآت له صلى الله عليه وسلّم، وأما زوجات بقية الأنبياء فيحرمن على الأمم خاصة لا على الأنبياء وبقولهم ولا لعارض يزول عن الموطوءة في نحو حيض والمجوسية والوثنية والمرتدة لأن تحريمهن لعارض يزول فيمكن أن تحل له من ذكر في وقت


.

PALING DIMINATI

Back To Top