Bismillahirrohmaanirrohiim

ZAKAT KEPADA GURU NGAJI ATAU ANAK YATIM FAQIR MISKIN ?

Editon Berebes Wonk Jowo

Di daerah saya, petani kalo ngasih zakat kok sama tokoh masyarakat yang dianggap pintar di bidang agama, bukannya yang berhak menerima zakat adalah anak yatim dan fakir miskin..


Anehnya anak yatim/fakir miskin tersbut tidak pernah mendapat jatah zakat tersebut.

Monggo tadz diterangaken..



>>> Masaji Antoro

MEMBERIKAN ZAKAT PADA KYAI/GURU NGAJI


TIDAK BOLEH, karena mereka bukan termasuk golongan delapan walaupun sabiilillah sebab yang dimaksud dengan sabilillah adalah orang-orang yang perang dengan cuma-cuma demi agama Allah, namun demikian terdapat pendapat mereka juga termasuk sabiilillah.


والسابع سبيل الله تعالى وهو غاز ذكر متطوع بالجهاد فيعطى ولو غنيا إعانة له على الغزو اهل سبيل الله الغزاة المتطوعون بالجهاد وان كانوا اغنياء ويدخل في ذلك طلبة العلم الشرعي ورواد الحق وطلاب العدل ومقيموا الانصاف والوعظ والارشاد وناصر الدين الحنيف


Yang ke tujuh SABILILLAAH

Ialah lelaki pejuang yang berperang dengan Cuma-Cuma demi agama Allah, maka ia diberi meskipun ia kaya raya sebagai bantuan untuk biaya perangnya.

“SABIILILLAH” Ialah lelaki pejuang yang berperang dengan Cuma-Cuma demi agama Allah meskipun ia kaya raya.

Dan masuk dalam kategori sabiilillah adalah para pencari ilmu syar’i, pembela kebenaran, pencari keadilan, penegak kebenaran, penasehat, pengajar, penyebar agama yang lurus


al-Jawaahir al-Bukhaari, Iqna Li Assyarbiiny I/230


_________________________________
MEMBERIKAN ZAKAT PADA YATIM PIATU
BOLEH dan SAH *

Menerimakan zakat pada yatim piatu apabila mereka memang termasuk salah satu delapan orang yang berhak menerima zakat seperti keberadaan mereka memang fakir miskin dan tidak keturunan Bani Hasyim dan Bani Muthallib menurut pendapat yang shahih


( فرع ) الصغير إذا لم يكن له من ينفق عليه فقيل لا يعطى لاستغنائه بمال اليتامى من الغنيمة والأصح أنه يعطي فيدفع إلى قيمة لأنه قد لا يكون في نفقته غيره ولا يستحق سهم اليتامى لأن أباه فقير قلت أمر الغنيمة في زماننا هذا قد تعطل في بعض النواحي لجور الحكام فينبغي القطع بجواز إعطاء اليتيم إلا أن يكون شريفا فلا يعطى وإن منع من خمس الخمس على الصحيح والله أعلم


CABANG BAHASAN

Anaka yatim yang masih kecil jika memang tidak ada orang yang menafkahinya maka sebagian pendapat menyatakan bahwa anak tersebut tidak boleh diberi zakat karena ia sudah cukup mendapatkan bagian dari ghanimah (harta rampasan), menurut pendapat yang lebih shahih bahwa anak tersebut boleh diberi zakat dan disalurkan pada pembinanya.

Menurutku, perihal ghanimah pada masa sekarang ini sudah tidak ada disebagian daerah karena kebobrokan para penguasanya karenanya diputuskan kebolehan memberikan zakat kepada anak yatim tersebut kecuali bila ia termasuk kalangan bani hasyim maka ia juga tidak boleh diberi meskipun ia juga terhalang menerima bagian dari khumus menurut pendapat yang shahih.

Kifaayah al-Akhyaar I/191

Wallaahu A'lamu Bis Showaab


*MOHON DIBACA DAN FAHAMI KETERANGANNYA DENGAN SEKSAMA SEMOGA TIDAK SALAH DALAM MEMAHAMI.

[http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/doc/263614763661339/]


.

PALING DIMINATI

Back To Top