Bismillahirrohmaanirrohiim

BONGKAR RAHASIA VS DA'WAH

Kerangka Analisis Masalah

Semakin beragam saja acara televisi. Demi menarik minat pemirsa, selain diproyeksikan untuk tujuan edukasi, format acara TV haruslah tetap bernuansa hiburan. Sebut saja sebuah acara di salah satu stasiun TV dengan judul "Toolooong..!", dengan format acara sebagai berikut : 
- Produser mengontrak sejumlah orang dengan keadaan yang sangat memprihatinkan, seperti cacat tubuh, miskin, anak yatim piatu, orang tersesat dan lain-lain, untuk minta bantuan pada orang-orang yang lalu lalang di jalanan, misalnya, agar kebutuhan mendesaknya dipenuhi.
- Kejadian tersebut terekam lengkap dalam sebuah kamera tersembunyi.
- Ada komentar dari pembawa acara setiap selesai penolakan yang berisi tentang pentingnya tolong menolong antar sesama, terutama pada mereka yang sangat membutuhkan.

Pertimbangan :
- Seluruh bagian tubuh, bahkan suara dari orang yang menolak permintaan, lulus sensor kecuali wajah.
- Berbagai alasan penolakan tidak seluruhnya salah dan kurang patut, terutama alasan yang bersifat pribadi seperti kebutuhan mencari nafkah, capek dan lain-lain.
- Komentar dari pembawa acara seolah-olah menunjukkan kurangnya pribudi orang yang menolak, sekalipun dikemas dalam bahasa petuah
- Tidak ada permohonan maaf dari pembawa acara setelah setiap penolakan, walau dengan pemberitahuan bahwa acara ini bukan sengaja mengorek kepribadian seseorang
- Rating acara ini kurang begitu diminati. Mungkinkah hal ini karena mayoritas pemirsa merasa tersinggung atau karena TV tidak lain hanyalah media refreshing, bukan majlis ta'lim.

Sail: Pengurus FMPP 

Pertanyaan:
a. Bagaimanakah hukum mengadakan dan melihat acara tersebut mempertimbangkan fakta-fakta di atas?

Jawaban :
a. Tidak diperbolehkan, karena acara tersebut mengandung unsur tahassus yang haram hukumnya menurut satu pendapat, apalagi juga ada potensi ghibah dan ifasya'ussirri.

Referensi :
- Ihya' ulumi al din juz 2 hal 161
- Ihya' ulumi al din juz 2 hal 165
- Ihya' ulumi al din juz 2 hal 345
- Bariqoh mahmudiyah juz 2 hal 456
- Ghidzau al albab juz 2 hal 400


.

PALING DIMINATI

Back To Top