Bismillahirrohmaanirrohiim

Pesan Sunan Kalijaga Azmatkhan kepada umat akhir jaman

"Yen pasar ilang kumandange... Yen kali wis ilang kedunge... Yen wong wadon wis ilang wirange... mlakuho topo lelono..njajah deso milang kori ojo nganti/ngasi bali yen durung bali patang sasi golek wisik songko sang Hyang Widhi..."

Artinya :

> Yen pasar ilang kumandange,....

Jika pasar sudah mulai diam.. maksudnya jika perdagangan sudah tidak dengan tawar-menawar karena banyaknya mall dan pasar swalayan yang berdiri. Kata orang2 tua di tanah jawa ini dahulunya semua pasar memakai sistem tawar menawar sehingga suaranya begitu keras terdengar dari kejauhan seperti suara lebah yang mendengung..

ini bermakna tadinya adanya kehangatan dalam social relationship di masyarakat.. tapi sekarang sudah hilang...biarpun kita sering ke plaza atau ke supermarket ratusan kali kita tidak kenal para pelayan dan cashier di tempat itu..

> Yen kali wis ilang kedunge...

jika sungai sudah mulai kering... jika sumber air sudah mulai kering..

maksudnya jika para alim ulama sumber ilmu sudah mulai wafat satu persatu...maka ini alamat bahwa dunia mau diQiamatkan Allah SWT. Ulama ditamsilkan seperti air yang menghidupkan hati2 manusia yang gelap tanpa cahaya hidayah..

> Yen wong wadon wis ilang wirange...

Jika wanita sudah tidak punya rasa malu...

> Mlakuho topo lelono..njajah deso milang kori

berjalanlah topo lelono

artinya bermujahadah susah payah dalam perjalanan ruhani, spiritual (suluk) atau perjalanan fi sabilillah...

> Ojo nganti/ngasi bali yen durung bali patang sasi

jangan pulang sebelum engkau selesai program 4 bulan

> Golek wisik songko sang Hyang Widhi..."

cari petunjuk, ilham, hidayah dan kepahaman ruhani dari Dzat yang Maha Esa..

Pesan Sunan Kalijaga ini ditujukan kepada umat akhir jaman dengan sebelumnya menyebut tanda-tanda akhir jaman & saran beliau untuk melakukan pendekatan kepada Allah melalui perjalanan Ruhani mencari petunjuk & hidayah dari-Nya..


.

PALING DIMINATI

Back To Top