Bismillahirrohmaanirrohiim

Pondok pesantren apa yang pantas buat anak kita?


Oleh Sofyan Tsauri Ayyash 

Anak saya yang pertama namanya Al-Muhandis Yahya Ayyash (19 tahun), setelah 6 tahun mondok di Bogor lanjut ke Lirboyo tuk tahun kedua total sudah 8 tahun dia mondok di pesantren, jika lulus SD dia langsung ke Lirboyo mungkin sudah masuk Ma'had Aly atau setidaknya Aliyah tingkat akhir, ketertinggalan sangat jauh, diapun harus ngulang dr awal lagi.

Anak kedua namanya Abdullah Toriq Jihad (16 tahun), 3 tahun lulus dari pondok Tahfidz Ar-Rasyid di Bogor, langsung ke Lirboyo, tahun pertama mondok di Tahfidz mau saya tarik lagi, dan masukin ke Lirboyo, tetapi anaknya bilang tanggung, ya sudah akhirnya nunggu lulus baru di gabungkan dengan kakaknya Ayyash.

Sejatinya Pondok pesantren secara umum itu baik dan bagus, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, sewaktu masih di Bogor anak saya Ayyash bercerita, nih pondok lama-lama tidak jelas bi, belajarnya kacau, bnyak gak sesuai, entah maksudnya apa yang jelas dia mulai BT di sana, padahal sudah 5 tahun di sana. Saya mulai evaluasi mata pelajarannya, kitab apa yang di pakai, cara ngajarnya gimana, saya mulai meneliti, ngajar pakai kitab Arab apa terjemahan, saya mulai tepuk jidat, saya yang salah knp baru dicek sekarang, hafalan dia masih 18 juz, bagi saya itu masih sedikit untuk 5 tahun mondok.

Saya cek baca kitab, i'rab nya masih salah, alias belepotan, kalo bgni, mondok dua puluh juga blm bisa apa-apa, saya bilang kamu harus masuk Lirboyo atau Ploso, Abi salah mondokin kamu ini, gak rugi juga sih, gak salahin Pondoknya juga, tapi sayang umur kamu Yas, kamu minder gak mondok dari awal lagi? Gak sih bi, kata anaknya cuek, jadi begini kamu ngulang dari awal ya, Abi masih sanggup dan semangat mondokin kamu, tetapi kasihan nanti kamu minder lihat kawan-kawanmu sukses, sudah nikah, sedangkan kamu masih mondok aja, habis dari Lirboyo kamu lanjutkan ke Mesir.

"Gak papa BI, mondok aja lagi, kata nih anak semangat nih anak ini emang pinter di sekolah, dari SD sampai SMA selalu rangking 1 terus, otaknya encer dan Sholeh, lulus 2020 nganggur setahun, langsung masuk Lirboyo, hasilnya top, rangking 1 di kelas dan jadi Rois di kelas, termasuk yang jago baca kitab di kelasnya, dalam Podcastnya, dia bercerita waktu 6 tahun mondok di Bogor itu setara 1 tahun di Lirboyo, ya saya percaya itu.

Pondokin anak itu lihat potensi anak kita juga, jika dia belajar ogah-ogahan mngkin gak usah lama-lama juga mondok, masukin aja kuliah atau dunia kerja, selesai, asal gak narkoba, jaga sholat aja sudah bagus, tetapi jangan juga hilangkan potensi bakatnya, jika semangat belajarnya kuat, ke shalehannya tinggi, nah boleh tuh di kader jadi ulama, Carikan pondok yang bagus, karena menjamurnya pondok akhir-akhir ini gak jaminan anak  bener cara menyerap ilmunya.

Kalo cuma hafal Qur'an dan banyak hafal ribuan hadist lalu sotoy nyalah-nyalahin, bid'ah-bid'ahin orang juga buat apa juga, bukan buat seperti itu kita ponndokin anak, intinya belajar itu urut dan runut dan perlu waktu yang cukup, perlu suasana keilmuan di setiap tempat, saya sekarang lebih rileks mendidik anak, coba memahami dan melengkapi fasilitas yang dia inginkan, yang penting mereka mau diarahkan.


.

PALING DIMINATI

Back To Top