Bismillahirrohmaanirrohiim

Hukum-hukum Puasa

1. 🍃  *Shiyam Ramadhan*
       *Ahkamun wa Fadhailuhu*  

_*1. Hukum-hukum Puasa.*_

_*Definisi puasa*_

Puasa secara Bahasa adalah, menahan diri secara umum, dari itu Allah berfirman tentang sayyidatina maryam : 

إني نذرت للرحمن صوماً فلن اكلم اليوم إنسيا```

Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang Manusia pun pada hari ini".

```Yakni aku bernazar untuk diam, mencegah dan menahan diri untuk tidak berbicara.

Dan juga dipetik dari ucapan penyair yang menggambarkan medan pertempuran.``` 

خَيْلٌ صِيَامٌ وخيلٌ غيرُ صائمةٍ *                    تحتَ العَجاج ، وأخرى تَعلُكُ اللُّجُما 

Ada kuda yang berpuasa (tertahan tidak bergerak) sedangkan kuda yang lain tidak berpuasa, (bergerak) dibawah taburan debu dia meringkik dan yang lain mengunyah tali kekang. 

```Puasa secara syara' adalah, menahan diri dari segala jenis makanan-minuman bermula dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari dengan niat yang khusus. 

Asal hukum berpuasa adalah Firman Allah subhanahu wa ta'ala. 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ```

_“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”_ (QS. Al-Baqarah :183).

```Kapan puasa itu diwajibkan:  puasa diwajibkan pada tahun kedua dari hijriyah pada bulan sya'ban, dan Baginda Nabi shallallahu alaihi wa sallam melaksanakan puasa sampai sembilan ramadhan, semuanya dengan hari-hari yang kurang, (maksudnya 29 hari) kecuali satu ramadhan yang dilaksanakan dengan hitungan hari yang sempurna (maksudnya 30 hari) 

Bulan ramadhan: adalah bulan ke sembilan dari bulan-bulan arab, adalah bulan yg paling istimewa, dinamakan ramadhan, ada yang mengatakan karena, ketika orang arab hendak meletakkan dan hendak memberi nama-nama bulan, maka bulan ini bertepatan dengan cuaca yang sangat panas, oleh itu mereka namakan bulan ini dengan Bulan ramadhan, diambil dari kalimat "Ar-ramdha' yang artinya sangat panas, dan ada yang mengatakan , dinamakan bulan ramadhan karena membakar semua dosa-dosa. 

   📚 _*At-taqriratus Sadidah fi Masa'ilil Mufidah,*_
karya :  _*"As-Sayyid Hasan bin Ahmad bin Muhammad Al-Kaff*_

     🎍 *Semoga Bermanfa'at* 🎍             
      *Amiinn Yaa Robbal 'Alamin*

        والله المستعان وعليه التكلان

                         *An Nida*
                        04042022


.

PALING DIMINATI

Back To Top