Bismillahirrohmaanirrohiim

Hakekat Hijrah

Dr. Muhammad saltut seorang pemikir islam dari Mesir membagi hijrah mnjadi 2 bagian : hijrah badaniyyah, dan hijrah qolbiyyah

1. Hijrah badaniyyah adlh migrasi fisik, pindah tempat tinggal. Hijrah ini pernah dilakukan oleh para Nabi dan Rosul termasuk rosulullah saw. Hijrah ini sngt dianjurkan apabila :

a. Di lingkungan tmpt kita tinggal saat ini susah utk beribadah, sulit utk mngembangkan agama & dakwah.

b. Di kampung kita susah mencari kasab utk menafkahi klwrga.
Jika kondisi sprti ini mk hendaklah kita hijrah dari kmpung hlmn mnj tmpt lain yg lbh mmberi harapan sprti yg diperintahkn Allah:
الم تكن أرض الله واسعة فتهاجروا فيها
Bentuknya bisa dg urbanisasi dan transmigrasi dan migrasi2 lainnya.
 
2. Hijrah qolbiyyah, merubah hati dan pikiran. Istilah lain dari hijrah ini adalah taubat nasuha. DR.Muhammad Saltut, mnyebutkan ada 4 kondisi manusia yg hrs mlkukan hijrah ini ;

a. من الشرك إلى التوحيد dari prbuatan syirik yakni mnganggap ada kekuatan lain selain Allah mnj kpd tauhid, meyakini dg sungguh2 bhw  hanya Allah lah Tuhan yg mmberi rizqi, mngangktkan derajat & pangkat. Bukan paranormal, bkn juga dukun , tetapi Allah azza wajalla.

b. من الكفر إلى الشكر dari kufur yakni merasa bhw sgl knikmatan yg didapat adlh hsl jerih payah kita, mnj syukur meyakini smua yg kita dpt adlh pmberian Allah dan  menggunakan nikmat itu sesuai dg keinginan Nya.

c. من الجهل إلى العلم dari bodoh mnjadi pintar. Dlm arti berusaha utk trs belajar dan mencari ilmu sampai ajal menjemput.

d. من أخلاق المذمومة إلى أخلاق المحمودة dari akhlaq yg tercela mnj akhlaq yg mulia. Dari takabbur mnjadi tawadlu, dari riya mnj ikhlas, dari aral mnj ridlo,dll.

SELAMAT TAHUN BARU  1441 H.
SEMOGA ALLAH BERKAHI KEHIDUPAN KITA. AMIIIIN


.

PALING DIMINATI

Back To Top