Bismillahirrohmaanirrohiim

APAKAH ABDULLAH BIN SAID BIN KULLAB BUKAN AHLUSSUNNAH?

Perselisihan (furu' akidah) antara Imam Ahmad bin Hanbal dengan Imam Abdullah bin Said bin Kullab (Ibn Kullab) tidak sampai mengeluarkan Imam Ibn Kullab dari Ahlussunnah wal Jama'ah.

Berikut ini adalah komentar ulama-ulama tentang Abdullah bin Said bin Kullab bahwa beliau adalah ulama Ahlussunnah wal Jama’ah dari kalangan salaf:

Ibn Qadhi Syuhbah:

كان من كبار المتكلمين ومن أهل السنة، وبطريقته وطريقة الحارث المحاسبي اقتدى أبو الحسن الأشعري

“Abdullah bin Kullab adalah pembesar ulama kalam dan dari Ahlussunnah. Dan dijalannya dan dijalan Harits al-Muhasibi, Abul Hasan al-Asy’ari mengikutinya” (Thabaqat asy-Syafi’iyyah, juz I, hlm. 78)

Tajuddin as-Subki:

وابن كلاّب على كل حال من أهل السنة.... ورأيت الإمام ضياء الدين الخطيب والد الإمام فخر الدين الرازي قد ذكر عبد الله بن سعيد في آخر كتابه "غاية المرام في علم الكلام " فقال: ومن متكلمي أهل السنة في أيام المأمون عبدالله بن سعيد التميمي الذي دمّر المعتزلة في مجلس المأمون وفضحهم ببيانه

“Ibn Kullab bagaimanapun adalah dari Ahlussunnah. Aku melihat Imam Dhiyauddin al-Khathib, ayahanda Imam Fakhruddin ar-Razi, menyebut Abdullah bin Said di akhir kitabnya, Ghayah al-Maram fi Ilm Kalam, berkata: “Dari kalangan ahli kalam Ahlussunnah di hari-hari kepemimpinan Ma’mun adalah Abdullah bin Said at-Tamimi yang menghancurkan Muktazilah di majlis Ma’mun dan membuat mereka malu dengan penjelasannya” (Thabaqat asy-Syafi’iyyah, juz II, hlm. 300)

Jamaluddin al-Isnawi:

كان من كبار المتكلمين ومن أهل السنة... ذكره العبادي في طبقة أبي بكر الصيرفي، قال: إنه من أصحابنا المتكلمين

“Abdullah bin Kullab adalah pembesar ahli kalam dan dari Ahlussunnah. Al-Abbadi menyebut dia seperiode dengan Abu Bakar ash-Shairafi. Dia juga berkata: “Ibn Kullab dari ashhab kami ahli kalam” (Thabaqat asy-Syafi’iyyah, juz II, hlm. 178)

Adz-Dzahabi:

والرجل أقرب المتكلمين إلى السنة، بل هو في مناظريهم

“Laki-laki ini (Ibn Kullab) adalah ahli kalam yang paling dekat dengan as-Sunnah, bahkan dia adalah ahli debatnya ahli kalam ahlussunnah” (Siyar A’lam an-Nubala’, juz XI, hlm. 175)

Ucapan terakhir, bahwa beliau adalah ahli debat (munazharah) dari Ahlussunnah menolak persepsi Salafi yang mengatakan bahwa adz-Dzahabi menyebut Ibn Kullab bukan Ahlussunnah.

Ibn Abi Qairuwani

وما علمنا من نسب ابن كلاب إلى البدعة ،والذي بلغنا أنه يتقلد السنة ويتولى الرد على الجهمية وغيرهم من أهل البدع

“Dan kami tak pernah tahu ulama yang menisbatkan Ibn Kullab sebagai ahli bid’ah. Dan yang sampai kepada kami, beliau mengikuti as-Sunnah dan bekerja menolak kaum Jahmiyyah dan kelompok ahli bid’ah lain” (Tibyan Kidzb al-Muftari, li Ibn Asakir)

Ibn Khaldun:

إلى أن ظهر الشيخ أبو الحسن الأشعري.... وكان على رأي عبدالله بن سعيد بن كلاّب وأبي العباس القلانسي والحارث المحاسبي من أتباع السلف وعلى طريقة السنة

“Sampai muncul Syaikh Abul Hasan al-Asy’ari. Beliau mengikuti pendapat Abdullah bin Said bin Kullab, Abul Abbas al-Qalanisi, dan Harits al-Muhasibi dari pengikut salaf dan jalan ahlussunnah” (al-Muqaddimah, hlm. 853)

Kamaluddin al-Bayadhi

في نصرة مذهب أهل السنة ـ الإمام أبو محمد عبدالله بن سعيد القطان

“Dalam menolong madzhab Ahlussunnah adalah Imam Abu Muhammad Abdullah bin Said al-Qaththan (Ibn Kullab)” (Isyarat al-Maram, hlm. 23)

Asy-Syahrastani:

حتى انتهى الزمان إلى عبدالله بن سعيد الكلابي وأبي العباس القلانسي والحارث بن أسد المحاسبي وهؤلاء كانوا من جملة السلف، إلا أنهم باشروا علم الكلام وأيدوا عقائد السلف بحجج كلامية وبراهين أصولية

“Hingga Abul Hasan sampai pada zaman Abdullah bin Said al-Kullabi, Abul Abbas al-Qalanisi, dan Harits al-Muhasibi. Mereka adalah termasuk dari salaf, hanya saja mereka berkecimpung dalam ilmu kalam dan menguatkan akidah salaf dengan hujjah-hujjah kalamiyyah dan bukti-bukti ushuliyyah” (Al-Milal wan Nihal, hlm. 81)

Al-Bukhari:

البخاري في جميع ما يورده من تفسير الغريب إنما ينقله عن أهل ذلك الفن كأبي عبيدة والنضر بن شميل والفراء وغيرهم، وأما المباحث الفقهية فغالبها مستمدة له من الشافعي وأبي عبيد وأمثالهما، وأما المسائل الكلامية فأكثرها من الكرابيسي وابن كُلاَّب ونحوهما

“Al-Bukhari dalam semua yang beliau sampaikan dari penafsiran lafazh yang gharib adalah menukil dari ahli fan seperti Abu Ubaid, Nadhr bin Syumail, al-Farra’, dan yang lainnya. Adapun dalam pembahasan fikih, kebanyakan beliau mengambil dari asy-Syafi’i, Abu Ubaid, dan semisal mereka. Dan dalam masalah kalam (akidah), kebanyakan dari al-Karabisi, Ibn Kullab dan semisal mereka” (Fath al-Bari, juz I, hlm. 293)

Syuaib al-Arnauth

كان إمام أهل السنة في عصره، وإليه مرجعها، وقد وصفه إمام الحرمين في كتابه " الإرشاد " بأنه من أصحابنا

“Ibn Kullab adalah imam Ahlussunnah di zamannya. Dan dia menjadi rujukan akidah. Imam al-Haramain dalam kitabnya, al-Irsyad menyifati beliau sebagai ashhab kami (Syafi’iyyah)” (Ta’liq Siyar A’lam an-Nubala’).

Dengan demikian, sudah benar ketika Imam Abul Hasan al Asy'ari mengikuti manhaj Imam Ibn Kullab, khususnya dalam methode penggabungan antara dalil naqli dan aqli dalam menetapkan akidah Ahlussunnah wal Jamaah.
(Ust. Nur Hidayat)


.

PALING DIMINATI

Back To Top