Oleh 'aLa Kulli Haal

Ayo mari kita ramaikan malam nishfu sya'ban dgn memperbanyak ibadah,istigfar dan tasbih, Beberapa keistimewaan malam nisfu sya'ban,yg tdk bs ditolak oleh para WAHABI SALAFI yg suka mengkritik orang2 yg beribadah pd malam itu,

بسم الله الرحمن الرحيم
قال تعالى "إنا أنزلناه في ليلة مباركة إنا كنا منذرين

وقال عكرمة هي ليلة النصف من شعبان
 
Imam ikrimah mengatakan,lailah mubarakah itu adalah mlm nisfu sya'ban

ولها أربعة أسماء : ليلة المباركة وليلة البراءة وليلة الصك وليلة الرحمة
 
Mlm nisfu ini Ada 4 nama,malam di berkati,malam kelepasan,malam pembaharuan amal,dan mlm turun nya rahmat

Dalam sunan ibnu majah,

ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﺑﻦ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﺨﻼﻝ
ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺮﺯﺍﻕ ﺃﻧﺒﺄﻧﺎ ﺍﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺳﺒﺮﺓ ﻋﻦ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﺑﻦ ﻣﺤﻤﺪ ﻋﻦ ﻣﻌﺎﻭﻳﺔ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺟﻌﻔﺮ ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ ﻋﻦ ﻋﻠﻲ ﺑﻦ
ﺃﺑﻲ ﻃﺎﻟﺐ ﻗﺎﻝ
ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :
 
Rasulullah bersabda :

ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻧﺖ ﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﻨﺼﻒ ﻣﻦ ﺷﻌﺒﺎﻥ
ﻓﻘﻮﻣﻮﺍ ﻟﻴﻠﻬﺎ ﻭﺻﻮﻣﻮﺍ ﻧﻬﺎﺭﻫﺎ
 
Bila tiba malam nisfu sya'ban,maka bnyak2 smbahyg lah malam nya,dan puasa lah siangnya

ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﻨﺰﻝ ﻓﻴﻬﺎ ﻟﻐﺮﻭﺏ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﺇﻟﻰ ﺳﻤﺎﺀ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ
 
Bhw -rahmat,magfirah,dan perkara2- Allah turun pd malam itu ke langit dunia dr ketika matahari tenggelam,

ﻓﻴﻘﻮﻝ : ﺃﻻ ﻣﻦ ﻣﺴﺘﻐﻔﺮ ﻟﻲ ﻓﺄﻏﻔﺮ ﻟﻪ
ﺃﻻ ﻣﺴﺘﺮﺯﻕ ﻓﺄﺭﺯﻗﻪ ﺃﻻ ﻣﺒﺘﻠﻰ ﻓﺄﻋﺎﻓﻴﻪ
ﺃﻻ ﻛﺬﺍ ﺃﻻ ﻛﺬﺍ ﺣﺘﻰ ﻳﻄﻠﻊ ﺍﻟﻔﺠﺮ
 
Lalu Allah menawarkan: 1.siapa yg hndk minta ampun kpd ku,aku ampuni, 2.siapa yg hndk minta rizki aku beri, 3.siapa yg hndk minta lindungi atau minta sembuhkan dr penyakit,aku lindungi dan aku sembuhkan ia, Mau apa pun aku kabulkan smpy terbit fajar,

Hadist ini dhoif,krn ada 1 rawi yg brnama abu bakar ibnu abi sabrah,yg dianggap dhoif oleh para ulama ahli hadist,tp beliau adalah seorang yg alim dan qodhi,kata mush'ab ibnu zubair, Jika di pandang pd jarh nya,beliau ini trmsk fatal, Tp jika di pandang pd ta'dil nya beliau adalah seorang ulama terpandang pd masanya,bahkan kata ulama hadist yg memuji beliau,beliau pernh diangkat menjadi qodhi, Sangat mgkn riwayat ini masuk derajat la ba'sa, Adapun rawi2 slain ibnu abi sabrah,itu tsiqoh semua, Yang nampak disisiku kalau untuk pengamalan,boleh kt amalkan hadist diatas, Krn itu biasanya malam nisfusya'ban kita baca yasin 3x untuk meminta yg 3 di atas,

وسئل الرملي عن هذا الحديث هل هو مستحب أو لا وهل الحديث صحيح أو لا وإن كان ضعيفا فمن ضعفه
فأجاب بأنه يسن صوم نصف شعبان بل يسن صوم ثالث عشره ورابع عشره وخامس عشره والحديث المذكور يحتج به
 
Imam ramli dalam Fatwanya ditanya tentang hadist ibnu majah ini,kata beliau hadist ini bisa di jadikan hujjah

ﻭﻗﺎﻝ ابن تيمية في فتاويه : ﻭﺃﻣﺎ ﻟﻴﻠﺔ
ﺍﻟﻨﺼﻒ ﻓﻘﺪ ﺭﻭﻱ ﻓﻲ ﻓﻀﻠﻬﺎ ﺃﺣﺎﺩﻳﺚ ﻭﺁﺛﺎﺭ ﻭﻧﻘﻞ ﻋﻦ ﻃﺎﺋﻔﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻠﻒ ﺃﻧﻬﻢ
ﻛﺎﻧﻮﺍ ﻳﺼﻠﻮﻥ ﻓﻴﻬﺎ
 
Ibnu taimiyah mengatakan dalam fatwanya,bhw tentang mlm nisfu sya'ban ini telah banyak hadist2 dan atsar2 membicarakan kelebihan nya,dan para ulama salaf pun menghidupkan mlm nya. Dalam musnad ahmad bin hanbal  ada sebuah hadist yg derajatnya HASAN membicarakan tntng malam nisfu sya'ban,

ﻭﺑﺴﻨﺪﻱ ﺍﻟﻤﺘﺼﻞ ﺇﻟﻰ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ ﺍﻟﺸﻴﺒﺎﻧﻲ ﻗﺎﻝ
ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺣﺴﻦ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺍﺑﻦ ﻟﻬﻴﻌﺔ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺣﻴﻲ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺤﺒﻠﻲ ﻋﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻤﺮﻭ ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻗﺎﻝ : ﻳﻄﻠﻊ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ
ﺇﻟﻰ ﺧﻠﻘﻪ ﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﻨﺼﻒ ﻣﻦ ﺷﻌﺒﺎﻥ ﻓﻴﻐﻔﺮ ﻟﻌﺒﺎﺩﻩ ﺇﻻ ﻻﺛﻨﻴﻦ ﻣﺸﺎﺣﻦ ﻭﻗﺎﺗﻞ ﻧﻔﺲ
 
Kita bahas dulu rawi2nya,

ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺣﺴﻦ
 
Telah menceritakan kpd kami HASAN, siapakah beliau ini? Beliau adalah hasan bin musa seorang tabi'ut tabi'in, Apa komentar ulama ahli hadist tentang beliau?
Imam ahmad brkomentar: hasan ini adalah orangyg alim yg dhobit ahli bagdad,
Imam khatib bagdad brkomentar: hasan ini adalah paling dhobit dalam ilmu hadist,
Imam darimi,imam abu  hatim,imam ibnu hibban,imam zahabi dan imam ibnu hajar brkomentar: hasan ini adalah seorang tsiqoh .Wafat tahun 209 hijriah

ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺍﺑﻦ ﻟﻬﻴﻌﺔ
 
Telah menceritakan kpd kami IBNU LAHI'AH,siapakah beliau? Beliau adalah abdullah bin lahi'ah seorang tabi'ut tabi'in, Apa komentar ulama hadist tntng beliau?
Imam hakim berkomentar : ibnu lahi'ah ini termasuk rijal imam muslim
Imam ibnu ma'in berkomentar : ibnu lahi'ah ini dho'if dan tdk bisa djadikan hujjah hadist2 beliau,
Imam khatib bagdad berkomentar : ibnu lahi'ah ini seorang yg tasahul dalam periwayatan,krn itu bnyak yg mengingkari riwayat beliau,
Imam abu zur'ah berkomentar : ibnu lahi'ah ini tdk dhobit
Ibnu addi berkomentar : ibnu lahi'ah ini pelupa
Imam thobary berkomentar : ibnu lahi'ah ini pikun di akhir umurnya,
Imam ibnu hajar berkomentar : ibnu lahi'ah ini seorang yg bisa di percaya
Imam zahabi berkomentar : ibnu lahi'ah ini seorang yg dhoif,tp semua hadist dhoif beliau BISA di amalkan,
Wafat tahun 174 h
ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺣﻴﻲ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ
 
Telah menceritakan kpd kami HUYAI BIN ABDULLAH, Beliau dr tabi'ut tabi'in, Apa komentar ulama ahli hadist tentang beliau?
Imam ahmad bin hanbal berkomentar : huyai ini banyak hadist hadist nya yg di inkari,
Imam ibnu mu'in berkomentar : huyai ini tdk ada celaan pd nya
Imam bukhari berkomentar : huyai ini ada sdkt pertimbangan
Imam nasa-i berkomentar :huyai ini bukan trmsk ahli tsiqoh
Imam ibnu hibban berkomentar :huyai ini trmasuk ahli tsiqoh
Imam ibnu hajar berkomentar :huyai ini dapat di percaya
Wafat tahun 148 h

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺤﺒﻠﻲ
 
Dari abi abdirrahman al hubuli,siapakh beliau? Beliau adalah abdullah bin yazid,seorang tabi'in, Apa komentar ulama ahli hadist tentang beliau? Imam ibnu mu'in,ibnu hibban,ibnu hajar dan az zahabi sepakat
bahwa beliau seorang yg tsiqoh, Wafat tahun 100 h di afrika,

ﻋﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻤﺮﻭ
 
Dari abdullah bin amr bin ash,beliau adalah seorang sahabat yg sholeh,ahli ibadah,alim fiqh,tak di ragukan ilmu beliau Wafat pd wkt kejadian hurrah sktr tahun 68 h, Dari ringkasan pembahasan rawi di atas,pendapat yg nampak di sisi aku adalah hadist ini berderajat SOHIH ligairihi atau HASAN lizatihi, Krn ada riwayat2 lain yg matannya sama spt hadist diatas yg menguatkan nya,bhkan ibnu hibban telah memasukkan hadist
ini dalam SOHIH beliau,dgn matan ada sdkt berbeda, di akhirnya

ﺇﻻ ﻟﻤﺸﺮﻙ ﺃﻭ ﻣﺸﺎﺣﻦ
 
Tp itu tdk membuat hadist ini cacat,malahan dgn adanya ibnu hibban memasukkan nya dalam sahih beliau,hadist ini tambah kuat dan sohih, Makna hadist nya : Rasulullah bersabda : Allah menawarkan magfirahnya kpd makhluq nya pd malam nisfu sya'ban,maka ia akan mengampuni hambanya pd malam itu kecuali orang yg sesama islam yg dulunya akrab kmdyn trjd sesuatu lalu ada permusuhan lbh dr 3 hari tdk brtegur sapa, dan orangyg membunuh orang dgn bkn yg hak, Dgabung dgn makna dr sahih ibnu hibban, Orang musyrik jg tdk mendpt keampunan JADI kesimpulan nya hadist ini boleh di pakai untuk amalan2 ,doa2,dan istigfar2 nanti pd malam nisfu sya'ban, Lagipula jikalau hadist di atas memang dhoif,maka yg nampak di sisiku ,bhw tetap boleh diamalkan, Soalnya hadist hadist dhoif yg ada dalam musnad ahmad semuanya boleh di amalkan, Satu pengakuan imam ahmad bhw beliau jg mengamalkan hadist dhoif,

ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ : ﻣﺎ ﻛﺘﺒﺖ ﺣﺪﻳﺜﺎ ﺇﻻ ﻭﻗﺪ ﻋﻤﻠﺖ ﺑﻪ ﺣﺘﻰ ﻣﺮ ﺑﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ
ﺍﺣﺘﺠﻢ ﻭﺃﻋﻄﺂ ﺃﺑﺎ ﻃﻴﺒﺔ ﺩﻳﻨﺎﺭ ﻓﺄﻋﻄﻴﺖ ﺍﻟﺤﺠﺎﻡ ﺩﻳﻨﺎﺭ ﺣﻴﻦ ﺍﺣﺘﺠﻤﺖ
 
Imam ahmad mengatakan :aku tdk menulis satu hadist pun kecuali sdh aku amalkan hadist nya, Smpy2 aku telalui hadist tntng rasul berbekam,lalu beliau memberi upah kpd abu thaibah satu dinar,maka aku ikut berbekam jg dan membri satu dinar kpd tukang bekam itu, Naaah sdh tdk asing lg di kalangan ulama ahli hadist,trmasuk aku si mahmud orang pingaran,hehe..ini cuma tafa'ul aja...mdh2n aku trmsk orang ahli hadist dan menjadi seorang yg hapal ribuan hadist, amin..
 
Bhwasanya dalam ktb musnad ahmad itu terdapat brmcm2 hadist,diantaranya hadist dhoif,mursal,mudallas,munqati,dll ada semua di dalam ktb beliau itu, Nah di fhm dr perkataan beliau di atas,beliau meamalkan jg hadist2 dhoif yg beliau tulis dalam musnad nya, Diantaranya contoh hadist yg dhoif dan munqati yg trdapat dalam musnad ahmad, Tentang cerita st aisyah saat rasulullah keluar ke baqi pd malam nisfu sya'ban untuk berdoa dan beribadah,

ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻳﺰﻳﺪ ﺑﻦ ﻫﺎﺭﻭﻥ ﺃﺧﺒﺮﻧﺎ ﺍﻟﺤﺠﺎﺝ ﺑﻦ ﺃﺭﻃﺎﺓ ﻋﻦ ﻳﺤﻴﻰ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﻛﺜﻴﺮ ﻋﻦ ﻋﺮﻭﺓ ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﻗﺎﻟﺖ : ﻓﻘﺪﺕ ﺭﺳﻮﻝ
ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺫﺍﺕ ﻟﻴﻠﺔ ﻓﺨﺮﺟﺖ ﻓﺈﺫﺍ ﻫﻮ ﺑﺎﻟﺒﻘﻴﻊ ﺭﺍﻓﻊ ﺭﺃﺳﻪ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻓﻘﺎﻝ ﻟﻲ : ﺃﻛﻨﺖ ﺗﺨﺎﻓﻴﻦ ﺃﻥ
ﻳﺤﻴﻒ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻚ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ ﻗﺎﻟﺖ ﻗﻠﺖ ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻇﻨﻨﺖ ﺃﻧﻚ ﺃﺗﻴﺖ ﺑﻌﺾ ﻧﺴﺎﺋﻚ
ﻓﻘﺎﻝ ﺇﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﻳﻨﺰﻝ ﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﻨﺼﻒ ﻣﻦ ﺷﻌﺒﺎﻥ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻓﻴﻐﻔﺮ ﻷﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﻋﺪﺩ ﺷﻌﺮ ﻏﻨﻢ ﻛﻠﺐ
 
Sanad nya dho'if bhkan kata imam bukhari hadist ini munqati dr beberapa thobaqat, krn hajjaj bin arthoh tdk lgsg mendgr hadist dr yahya ,dan yahya bin katsir jg tdk lgsg mendgr dr urwah,maksudnya tdk mendgr lgsg scara syarat bukhari dan muslim,Tapi hadist ini boleh di amalkan,krn sdh pasti imam ahmad bin hanbal mengamalkannya juga di fhm dr perkataan beliau itu, Jika masih ada yg brskeras menentang hadist2 diatas, maka ckp ini jwbn nya, Dkuatkan lg dgn kata seorang imam

ﻗﺎﻝ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﻤﺤﺪﺙ ﺯﻣﻨﻪ ﻋﺒﺎﺩ ﺑﻦ ﺍﻟﻌﻮﺍﻡ : ﺇﻥ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﺟﺎﺀﻭﺍ ﺑﻬﺬﻩ ﺍﻷﺣﺎﺩﻳﺚ ﻫﻢ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﺟﺎﺀﻭﺍ ﺑﺎﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﺑﺄﻥ ﺍﻟﺼﻠﻮﺍﺕ ﺧﻤﺲ ﻭﺑﺤﺞ ﺍﻟﺒﻴﺖ ﻭﺑﺼﻮﻡ ﺭﻣﻀﺎﻥ
 
Berkata imam muhaddist,abbad bin awwam : sebenar2nya orangyg datang membawa hadist2 mslh nisfu sya'ban ini adalah orang2 yg datang membawa khabar dgn memakai alquran,dan orang2 itu sholat 5 waktu,berhaji ke baitullah,puasa ramadhan, Artinya si pembawa khabar itu alim alquran dan ahli fiqh,
Bahkan lg dr tabi'in imam atho brkata,

ﻭﻛﺎﻥ ﻋﻄﺎﺀ ﺇﺫﺍ ﺫﻛﺮ ﻋﻨﺪﻩ ﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﻨﺼﻒ ﻣﻦ ﺷﻌﺒﺎﻥ ﻭﻣﺎ ﻳﻘﺎﻝ ﻓﻴﻬﺎ ﻓﻴﻘﻮﻝ: ﺇﻧﻲ ﻷﺭﺟﻮ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻟﻴﻠﺔ
 
Imam atho bin yasar bl di sebut orang tntng malam nisfu sya'ban,dan fadilat2 di dalam nya,beliau slalu mengatakan :aku mengharap bhwsanya malam nisfu sya'ban trjd tiap malam, Liat perkataan beliau ini,saking mulianya malam nisfu sya'ban,beliau slalu mengharap spt itu, Kalau msh blm ckup jg,coba bc perkataan ibnu taimiyah dalam fatwanya

ﻭﺃﻣﺎ ﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﻨﺼﻒ ﻓﻘﺪ ﺭﻭﻱ ﻓﻲ ﻓﻀﻠﻬﺎ ﺃﺣﺎﺩﻳﺚ ﻭﺁﺛﺎﺭ ﻭﻧﻘﻞ ﻋﻦ ﻃﺎﺋﻔﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻠﻒ ﺃﻧﻬﻢ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﻳﺼﻠﻮﻥ ﻓﻴﻬﺎ
 
Adapun malam nisfu sya'ban,maka telah ada riwayat pd kelebihan nya,beberapa hadist dan atsar dari kumpulan ulama salaf,bhw mereka menghidupkan mlm itu dgn sholat

قال ابن حجر : أعمال الأسبوع إجمالا يوم الاثنين والخميس وأعمال العام إجمالا ليلة النصف من شعبان وأما عرضها تفصيلا فبرفع الملائكة لها بالليل مرة وبالنهار مرة
 
Ibnu hajar mengatakan,amal2 hamba slama seminggu scara keseluruhan diangkat hari senin kamis,adapun amal2 selama satahun,scara keseluruhan diangkat pd mlm nisfu sya'ban,adapun dperlihatkan scara tafshil nya itu wkt malaikat siang dan mlm brgantian naik trn

قال الثعالبي
فائدة
تعرض الأعمال على الله يوم الاثنين والخميس
وعلى الأنبياء والآباء والأمهات يوم الجمعة
وعلى النبي صلى الله عليه وسلم سائر الأيام
Satu faidah untk dketahui

Di perlihatkan amal2 hamba yg msh hdp itu kpd Allah hari senin dan kamis, Kpd para nabi msng2 mereka,dan ayah ibu mereka pd hari jumat, Kpd nabi muhammad setiap hari, Sebagai pengetahuan tambahan aja

Bagaimana dgn fatwa imam ibnu hajar alhaitami dalam fatwa fiqhiyah beliau,saat beliau di tanya tntng sholat rogaib mlm nisfu sya'ban

فأجاب بأن الذي صرح به النووي رحمه الله في المجموع أن صلاة الرغائب وهي ثنتا عشرة ركعة بين المغرب والعشاء ليلة أول جمعة من شهر رجب وصلاة ليلة النصف من شعبان مائة ركعة بدعتان مذمومتان ولا يغتر بذكرهما في كتاب قوت القلوب وفي إحياء علوم الدين ولا بالحديث المذكور فيهما فإن كل ذلك باطل
وقد صنف ابن عبد السلام كتابا نفيسا في إبطالهما

Menurut imam nawawi dalam ktb beliau majmu,bhw sholat rogaib yaitu sholat 12 rakaat antara magrib dan isya awal mlm jumat bulan rajab,dan sholat 100 rakaat pd mlm nisfu sya'ban, Adalah bid'ah yg tercela,dan jgn tertipu dgn adanya hadist yg menyuruh mengerjakan keduanya dalam ktb quutul qulub dan ihya ulumiddin,krn kedua sholat itu bathil Imam ibnu abdissalam pun menulis karangan untuk membatalkan kduanya

Menurut pengarang i'aanah tholibin dalam ktb nya beliau mengatakan, Sholat mlm jumat bulan rajab dan sholat nisfu sya'ban ini adalah mustahab,dan aku lihat para wali2 mengerjakan nya, Kata syekh sulaiman kurdi,memang ada khilaf ulama pd masalah sholat ragaib ini, kalau untuk fadhail a'mal,hadist2 dalam ktb ihya ulumiddin itu bisa di amalkan, Tp imam nawawi sangat keras dan mengatakan hadist2 tntang sholat ragaib itu maudhu,

Tapi aku liat dalam ktb akhbar mekkah karangan imam abu abdillah muhammad al fakihi wft thn 272, Beliau mengatakan dalam ktbnya,bhw para ahli mekkah apabila malam nisfu sya'ban,mereka menghidupkan malam nisfu sya'ban,ada yg sholat 100 raka'at,ada yg thowaf,ada yg membc alquran smpy subuh,ada yg mandi dan minum air zamzam,mereka mengharap berkah pd malam itu, Dan beliau mendatangkan hadist tntng sholat 100 rakaat ini,dgn sanad yg bisa dterima

Di tambah lg fatwa ibnu taimiyah

ﻭﻗﺪ ﺳﺌﻞ ﺍﺑﻦ ﺗﻴﻤﻴﺔ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻦ ﺻﻼﺓ ﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﻨﺼﻒ ﻣﻦ ﺷﻌﺒﺎﻥ
ﻓﺄﺟﺎﺏ : ﺇﺫﺍ ﺻﻠﻰ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﻨﺼﻒ ﻭﺣﺪﻩ ﺃﻭ ﻓﻲ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﺧﺎﺻﺔ ﻛﻤﺎ ﻛﺎﻥ
ﻳﻔﻌﻞ ﻃﻮﺍﺋﻒ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻠﻒ ﻓﻬﻮ ﺣﺴﻦ
 
Ibnu taimiyah menjwb,apabila orang2 sholat sndri atau brjamaah pd mlm nisfu sya'ban,spt yg dkrjakan ulama salaf,maka itu sangat bagus

وأما الاجتماع في المساجد على صلاة مقدرة كالاجتماع على مائة ركعة بقراءة ألف قل هو الله أحد دائما فهذا بدعة لم يستحبها أحد من الأئمة
 
Adapun jika mengerjakan sholat 100 rakaat dgn membc surah al ikhlas 1000x,maka itu bid'ah,dan tdk ada ulama yg mensunnahkanx

Lalu ringkasan dr aku, Memang pada masalah sholat ragaib pd mlm nisfu sya'ban ini ada khilaf , Yg menentangnya diantaranya imam nawawi,ibnu abdissalam,ibnu hajar,ibnu sholah,subki dll

Yg mensunnahkan nya diantaranya imam gozali,dan para ulama sufi lain nya, Yg mengambil jalan tengah tdk menyalahkan dan tdk membenarkan, Imam ramli,sulaiman kurdi,bakri syatho,dan aku donk tentu nya,hehe

Masing ada punya pndapat dan dalil2 sndri lah antara mereka, Cuma sholat hajat,sholat tasbih,sholat witir,tahajjud dan slain sholat ragaib td, pd malam itu memang di sunnahkan, Yg ada khilaf pd sholat rogaib saja, Di antara yg di suruh di amalkan pd malam itu adalah istigfar tasbih nabi yunus sewaktu dalam perut ikan,
ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺃﻧﺖ ﺳﺒﺤﺎﻧﻚ ﺇﻧﻲ ﻛﻨﺖ ﻣﻦ ﺍﻟﻈﺎﻟﻤﻴﻦ
2375 kali,

Semoga bermanfaat, Tertanda alfaqir,alhaqir,bkn ustadz,bkn kiyai,bkn gus,bkn siapa2, MAHMUD anak desa pedalaman di PINGARAN astambul martapura, 21 juni 2013
 
Sumber : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=664839643541689&id=100000469788756&from_feed=1&refid=28&_ft_=qid.5891720594114418898%3Amf_story_key.-6751721948370994129