Bismillahirrohmaanirrohiim

Wasiat Nabi SAW dan Sayidina Umar RA


Sebelum wafatnya Rasulullah memerintahkan sahabatnya untuk menyediakan kertas agar Beliau bisa menulis sebuah wasiat untuk umatnya, akan tetapi Sayidina Umar menghalangi kehendak Nabi hingga akhirnya Rasulullah tidak jadi menuliskan wasiat tersebut, peristiwa ini tercatat dalam kitab Bukhari :

لما حضر رسول الله صلى الله عليه و سلم وفي البيت رجال فيهم عمر بن الخطاب قال النبي صلى الله عليه و سلم ( هلم أكتب لكم كتابا لا تضلوا بعده ) . فقال عمر إن النبي صلى الله عليه و سلم قد غلب عليه الوجع وعندكم القرآن حسبنا كتاب الله . فاختلف أهل البيت فاختصموا منهم من يقول قربوا يكتب لكم النبي صلى الله عليه و سلم كتابا لن تضلوا بعده ومنهم من يقول ما قال عمر فلما أكثروا اللغو والاختلاف عند النبي صلى الله عليه و سلم قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( قوموا)

Ketika telah dekat kematian Rasulullah, dalam Rumahnya berkumpul beberapa orang termasuk didalamnya Umar bin Khathab. Nabi saw Berkata “Kemarilah, aku akan menulis sebuah tulisan yang dengannya kalian tidak akan tersesat selamannya” kemudian Umar berkata bahwa Rasululllah saw sedang sakit, dan kita telah memiliki Al Qur`an, Cukuplah kitabullah. Maka orang-orangpun berselisih, sebagian mereka berkata “Berikanlah agar Nabi saw menulis untuk kalian tulisan yang dengannya kalian tidak akan tersesat setelahnya” dan sebagian mereka berkata seperti perkataan Umar. Ketika mereka membuat suasana menjadi gaduh dan saling berselisih di sisi nabi saw, Rasulullah berkata “Berdirilah (pergilah) kalian semua”(1) ( HR Bukhari )

Syubhat
Dalam hadits ini Sayidina Umar telah membangkang perintah Rasulullah untuk memberikannya sebuah kitab yang disana Beliau bermaksud untuk menulis mengenai kemaslahatan umatnya, bahkan dia telah membuat Rasulullah marah dengan membuat keributan di sisinya. Bukankah Ini adalah hal yang tidak layak dilakukan oleh seorang sahabat Nabi?

Kami menjawab
Rasulullah saw memiliki perhatian yang begitu besar atas umatnya, hal yang paling dikhawatirkan Beliau sebelum wafatnya adalah keadaan umatnya sepeninggalannya. Meskipun beliau sudah menyampaikan semua yang harus disampaikan kepada umatnya, dan telah sempurna agama islam. Beliau masih merasa sesuatu yang kurang, maka beliau dalam keadaan payah memerintahkan para sahabat untuk menyediakan kertas agar bisa menulis sesuatu yang dianggap penting dari apa yang telah ada. Sayidina Umar setelah mendengar firman Allah di Arafah yang disampaikan Nabi dalam haji Wada` :

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا  [المائدة : 3[
“Pada hari Ini Telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan Telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan Telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu”                (Al Maidah : 3)

Serta setelah mendengar sabda rasul dalam haji wada

 وقد تَرَكْتُ فِيكُمْ ما لَنْ تَضِلُّوا بَعْدَهُ إن اعْتَصَمْتُمْ بِهِ كِتَابُ اللَّهِ
“..Benar-benar telah kutinggalkan dalam kalian sesuatu yang kalian tidak akan pernah tersesat setelahnya jika kalian berpegang teguh dengannya, yaitu Kitab Allah..”(2) (HR Muslim)

Melihat itu semua dan juga keadaan Nabi yang sudah demikian payah, Sayidina Umar menyarankan agar Rasulullah tidak perlu menulis wasiat itu, bukankah Rasulullah telah mengatakan sebelumnya bahwa Al Qur`an bisa menyelamatkan kita dari kesesatan sepeninggalannya, maka tidak perlu Nabi dipayahkan lagi dengan menulis wasiat tersebut. Akan tetapi Ada di antara sahabat yang tidak sependapat dengan Sayidina Umar mereka menyanggah perkataan Sayidina Umar.  Kemudian terjadilah keributan antara mereka yang mendukung Sayidina Umar dan mereka yang menentangnya,  keributan ini membuat Rasulullah merasa terganggu sampai akhirnya Beliau mengusir mereka semua karena memang tidak pantas terjadi keributan di sisi Nabi apalagi ketika itu Nabi sedang sakit.

Inilah yang dinamakan oleh Ibnu Abbas dengan sebutan “tragedi hari kamis” beliau berkata :

إن الرزية كل الرزية ما حال بين رسول الله صلى الله عليه و سلم وبين أن يكتب لهم ذلك الكتاب من اختلافهم ولغطهم 
“Sesungguhnya musibah yang paling besar adalah apa yang menghalangi Rasulullah untuk menulis kitab tersebut yaitu perselisihan dan kegaduhan mereka(3)             (HR Bukhari)
Yang diratapi Sayidina Abbas bukan tidak jadinya Rasulullah dalam menuliskan wasiat akan tetapi perselisihan dan kegaduhan para sahabat di samping Rasulullah, padahal Rasulullah dalam keadaan sakit parah.

Jika kita perhatikan sekali lagi yang membuat Rasulullah tidak menulis wasiatnya dan mengusir mereka bukan karena perkataan sayidina Umar akan tetapi karena keributan tidak pantas yang timbul di sisi beliau.

Pada akhirnya Rasulullah tidak menulis wasiat tersebut, itu berarti secara tidak langsung Beliau setuju dengan pendapat Umar. Seandainya perkara yang akan disampaikan beliau adalah perkara yang wajib diketahui oleh semua orang mukmin tidak mungkin beliau diam  di akhir hayatnya, padahal Allah telah mewajibkan Beliau untuk menyampaikannya risalahnya dalam ayat :

يَا أَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ مَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ وَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَمَا بَلَّغْتَ رِسَالَتَهُ وَاللَّهُ يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ (67) [المائدة : 67[
“Hai rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir. (QS Al Maidah : 67)
  
Apakah hanya karena perkataan seorang Umar, atau keributan kecil di sampingnya, Beliau kemudian menyembunyikan hal ini pada umatnya padahal sebelumnya Beliau tak pernah mengenal lelah dalam menyampaikan risalahnya, meskipun harus berdarah-darah karena perang.

Dan jika hal ini memang hal yang harus diketahui, kemudian sahabat tidak menyediakan kertas bagi beliau, apa yang menghalangi Rasulullah untuk mengatakan wasiatnya melalui lisan?.
Ini semua menunjukkan bahwa permintaan Rasulullah untuk membawakan kertas baginya adalah permintaan yang bersifat anjuran untuk dipikirkan seolah-olah Rasulullah saw bersabda “Apakah perlu kutulis sebuah wasiat agar kalian tidak sesat selamanya?” mendengar anjuran ini Umar yang melihat payahnya Rasul berkata para sahabat “Rasulullah telah terlalu payah dengan penyakitnya, dan kita telah memiliki Alquran, tak perlu lagi beliau direpotkan dengan menulisnya.” Kemudian terjadilah apa yang terjadi.

Perkataan sayidina Umar bukanlah bentuk pembangkangan beliau pada Rasulullah tapi merupakan pendapat yang ia utarkan untuk dimusyawarahkan. Hanya saja sebagian kaum yang membenci Sayidina Umar menggambarkan peristiwa ini dengan gambaran yang berlebihan, seolah-olah Sayidina Umar menentang dengan keras mereka yang menghendaki penulisan ini dan dengan kasar berkata “Nabi tadi hanya mengingau”. Padahal dalam riwayat yang ada, perkataan “Nabi Mengingau” justru muncul dari mereka yang menentang Sayidina Umar itupun dengan makna istifham inkari. Maksudnya ketika Umar mengatakan usulanya dan mengatakan bahwa Nabi sedang payah, mereka yang menentang sayidina umar mengatakan “Apakah Nabi Mengingau !!?” dengan maksud “tidak mungkin Nabi mengingau!” maka biarkanlah Nabi menuliskan wasiatnya(4).

Maka bukan pada tempatnya jika kita mnejadikan peristiwa ini untuk mencela Sayidina Umar, bahkan peristiwa ini merupakan tanda kebijaksanaan Sayidina Umar, dan kecintaan beliau kepada Rasulullah saw.

Referensi
 (1)صحيح البخاري - (ج 5 / ص 2146) 
5 - حدثنا إبراهيم بن موسى حدثنا هشام عن معمر . وحدثني عبد الله بن محمد حدثنا عبد الرزاق أخبرنا معمر عن الزهري عن عبيد الله بن عبد الله عن ابن عباس رضي الله عنهما قال : لما حضر رسول الله صلى الله عليه و سلم وفي البيت رجال فيهم عمر بن الخطاب قال النبي صلى الله عليه و سلم ( هلم أكتب لكم كتابا لا تضلوا بعده ) . فقال عمر إن النبي صلى الله عليه و سلم قد غلب عليه الوجع وعندكم القرآن حسبنا كتاب الله . فاختلف أهل البيت فاختصموا منهم من يقول قربوا يكتب لكم النبي صلى الله عليه و سلم كتابا لن تضلوا بعده ومنهم من يقول ما قال عمر فلما أكثروا اللغو والاختلاف عند النبي صلى الله عليه و سلم قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( قوموا )   قال عبيد الله فكان ابن عباس يقول إن الرزية كل الرزية ما حال بين رسول الله صلى الله عليه و سلم وبين أن يكتب لهم ذلك الكتاب من اختلافهم ولغطهم
 (2)صحيح مسلم - (ج 4 / ص 39) 
…وَقَدْ تَرَكْتُ فِيكُمْ مَا لَنْ تَضِلُّوا بَعْدَهُ إِنِ اعْتَصَمْتُمْ بِهِ كِتَابَ اللَّهِ. وَأَنْتُمْ تُسْأَلُونَ عَنِّى فَمَا أَنْتُمْ قَائِلُونَ ». قَالُوا نَشْهَدُ أَنَّكَ قَدْ بَلَّغْتَ وَأَدَّيْتَ وَنَصَحْتَ. فَقَالَ بِإِصْبَعِهِ السَّبَّابَةِ يَرْفَعُهَا إِلَى السَّمَاءِ وَيَنْكُتُهَا إِلَى النَّاسِ «اللَّهُمَّ اشْهَدِ اللَّهُمَّ اشْهَدْ»
(3)صحيح البخاري - (ج 5 / ص 2146)
قال عبيد الله فكان ابن عباس يقول إن الرزية كل الرزية ما حال بين رسول الله صلى الله عليه و سلم وبين أن يكتب لهم ذلك الكتاب من اختلافهم ولغطهم
صحيح مسلم - (ج 3 / ص 1257) 
( 1637 ) حدثنا سعيد بن منصور وقتيبة بن سعيد وأبو بكر بن أبي شيبة وعمرو الناقد ( واللفظ لسعيد ) قالوا حدثنا سفيان عن سليمان الأحول عن سعيد بن جبير قال : قال ابن عباس يوم الخميس وما يوم الخميس ثم بكى حتى بل دمعه الحصى فقلت يا ابن عباس وما يوم الخميس ؟ قال اشتد برسول الله صلى الله عليه و سلم وجعه فقال ( ائتوني أكتب لكم كتابا لا تضلوا بعدي ) فتنازعوا وما ينبغي عند نبي تنازع وقالوا ما شأنه ؟ أهجر ؟ استفهموه قال ( دعوني فالذي أنا فيه خير أوصيكم ثلاث أخرجوا المشركين من جزيرة العرب وأجيزوا الوفد بنحو ما كنت أجيزهم ) قال وسكت عن الثالثة أو قال فأنسيتها  قال أبو إسحاق إبراهيم حدثنا الحسن بن بشر قال حدثنا سفيان بهذا الحديث
 (4)صحيح البخاري - (ج 3 / ص 1111) 
2888 - حدثنا قبيصة حدثنا ابن عيينة عن سليمان الأحول عن سعيد ابن جبير عن ابن عباس رضي الله عنهما أنه قال يوم الخميس وما يوم الخميس ثم بكى حتى خضب دمعه الحصباء فقال  : اشتد برسول الله صلى الله عليه و سلم وجعه يوم الخميس فقال ( ائتوني بكتاب أكتب لكم كتابا لن تضلوا بعده أبدا ) . فتنازعوا ولا ينبغي عند نبي تنازع فقالوا هجر رسول الله صلى الله عليه و سلم ؟ قال ( دعوني فالذي أنا فيه خير مما تدعونني إليه ) . وأوصى عند موته بثلاث ( أخرجوا المشركين من جزيرة العرب وأجيزوا الوفد بنحو ما كنت أجيزهم ) . ونسيت الثالثة
صحيح البخاري - (ج 3 / ص 1155) 
2997 - حدثنا محمد حدثنا ابن عيينة عن سليمان الأحول سمع سعيد ابن جبير سمع ابن عباس رضي الله عنهما يقول  : يوم الخميس وما يوم الخميس ثم بكى حتى بل دمعه الحصى قلت يا أبا عباس ما يوم الخميس ؟ قال اشتد برسول الله صلى الله عليه و سلم وجعه فقال ( ائتوني بكتف أكتب لكم كتابا لا تضلوا بعده أبدا ) . فتنازعوا ولا ينبغي عند نبي تنازع فقالوا ما له أهجر استفهموه ؟ فقال ( ذروني فالذي أنا فيه خير مما تدعونني إليه ) . فأمرهم بثلاث قال ( أخرجوا المشركين من جزيرة العرب وأجيزوا الوفد بنحو ما كنت أجيزهم ) . والثالثة خير إما أن سكتن عنها وإما أن قالها فنسيتها . قال سفيان هذا من قول سليمان
عمدة القاري - (14 / 298) 
قالوا : هجر رسول الله ، صلى الله عليه وسلم ، أي : اختلط ، وأهجر إذا أفحش . وقال ابن التين : يقال : هجر العليل إذا هذى يهجر هجراً بالفتح ، والهجر بالضم الإفحاش . وقال ابن دريد : يقال : هجر الرجل في المنطق إذا تكلم بما لا معنى له ، وأهجر إذا أفحش . قلت : هذه العبارات كلها فيها ترك الأدب والذكر بما لا يليق بحق النبي صلى الله عليه وسلم ، ولقد أفحش من أتى بهذه العبارة ، فانظر إلى ما قال النووي : أهجر ؟ بهمزة الاستفهام الإنكاري ، أي : أنكروا على من قال : لا تكتبوا ، أي : لا تجعلوه كأمر من هذي في كلامه ، وإن صح بدون الهمزة فهو أنه لما أصابته الحيرة والدهشة لعظم ما شاهد من هذه الحالة الدالة (14 / 299) على وفاته وعظم المصيبة ، أجرى الهجر مجرى شدة الوجع ، وقال الكرماني : وأقول : هو مجاز لأن الهذيان الذي للمريض مستلزم لشدة وجعه ، فأطلق الملزوم وأريد اللازم . قلت : لو كان بتحسين العبارة لكان أولى .


.

PALING DIMINATI

Back To Top