Bismillahirrohmaanirrohiim

GARA-GARA MANDI BESAR DI MUSIM DINGIN


Oleh : Shofiyullah el_Adnany

Memasuki musim dingin seperti sekarang ini membuat kita malas menyentuh air, apalagi harus mandi besar bagi pasang suami istri yang telah melakukan hubungan.

Biasanya mereka akan menunda mandi hingga memasuki waktu Subuh. Syari'at memberi solusi tentang itu sebagaimana disabdakan oleh nabi ﷺ,

عن عائشة رضي الله عنها كان رسول الله ﷺ إذا كان جنبا فأراد أن يأكل أو ينام توضأ وضوءة للصلاة 

Dari Sayidah Aisyah radhiyallahu 'anha, "Ketika Rasulullah ﷺ junub, dan beliau mau makan atau mau tidur, maka beliau melakukan wudhu' dulu seperti wudhu' untuk melakukan shalat." (HR. Syaikhan)

Lain halnya bagi orang-orang tertentu, yang tidak ingin melepaskan dirinya dari suci dan wudhu'. Mengakhirkan mandi atau wudhu' bagi orang tersebut adalah kesalahan.

وحكى اليافعى أن الشيخ عز الدين بن عبد السلام احتلم فى ليلة باردة فأتى إلى الماء وهو جامد فكسره واغتسل وكادت روحه تخرج من شدة البرد ثم احتلم فى ليلة ثانيا فأتى إلى الماء واغتسل فغشي عليه فسمع يقال له لأعوضنك بها عز الدنيا والأخرة

Iman Yafi'i menceritakan, "Pada suatu malam di musim dingin, Syaikh Izzudin bin Abdis Salam mimpi basah, kemudian beliau mendatangi air untuk mandi, tapi airnya membeku menjadi es. Kemudian oleh beliau es tersebut dipecah dan dicairkan, lalu beliau mandi dengan air itu sehingga beliau hampir mati gara-gara kedinginan.

Malam berikutnya beliau mimpi basah lagi, dan mandi dengan air es, sehingga beliau pun pingsan. Lalu ada suara mengatakan, "Akan aku ganti tubuhmu dengan kemuliaan dunia dan akhirat.""

Referensi : Irsyadul Ibad ila Sabilir Rasyad | Syaikh Zainuddin bin Abdil Aziz bin Zainuddin al-Malibari | Hal 11


.

PALING DIMINATI

Back To Top