Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Setelah Mencermati proses penetapan awal bulan Dzulhijjah 1446 yang diumumkan oleh Menteri Agama RI saat Sidang Itsbat beberapa waktu lalu, kami menilai penetapan kali ini hampir mirip dengan penetapan awal Ramadhan kemarin, dimana dalil argumentasi yang dibangun kurang memenuhi standar syar’i, bahkan terkesan dipaksakan, sehingga wajar dari banyak kalangan yang mempertanyakan legalitas hasil Isbat tersebut.
Dalam pernyataannya, Menteri Agama menyampaikan bahwa proses rukyat telah dilakukan di berbagai titik di Indonesia, namun hilal yang berhasil diamati hanya di daerah Aceh oleh perukyat tunggal yang bernama Nabil, bukan putra daerah Aceh melainkan dari Jawa Timur, itupun terjadi pada detik-detik terakhir menjelang keputusan resmi. Dan telah diverifikasi oleh otoritas berwenang melalui sumpah saksi. Berdasarkan laporan ini, tanggal 1 Dzulhijjah ditetapkan jatuh pada Rabu, 28 Mei 2025, sehingga Idul Adha dirayakan pada Jumat, 6 Juni 2025.
Menag RI menambahkan, ada beberapa pertimbangan yang menguatkan persaksian tunggal di atas, antara lain:
1. Ijtima’ telah terjadi di seluruh wilayah Indonesia.
2. Ketinggian hilal untuk Imkanurru’yah telah memenuhi standar MABIMS ASEAN, yakni 3°sedangkan ketinggian hilal di Aceh 3° 12 menit 29 detik.
3. Standar minimal Sudut Elongasi adalah 6° sedangkan di Aceh sudah 7° 7 menit 27 detik.
4. Ibarat dari Hasyiyah Syarwani :
تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي (3/ 374)
يَنْبَغِي فِيمَا لَوْ دَلَّ الْقَطْعُ عَلَى وُجُودِهِ بَعْدَ الْغُرُوبِ بِحَيْثُ يَتَأَتَّى رُؤْيَتُهُ لَكِنْ لَمْ يُوجَدْ بِالْفِعْلِ أَنْ يَكْفِيَ ذَلِكَ فَلْيُتَأَمَّلْ سم
Sebagai tanggapan, kami memiliki beberapa sanggahan dan catatan yang harus diperhatikan, agar dikemudian hari tidak terjadi lagi kesalahan fatal dalam hasil Itsbat, yang justru merugikan umat akibat argumentasi dalil yang tidak akurat, berikut rinciannya:
1. Beberapa laporan dari berbagai situs web menyebutkan bahwa hilal awal Dzulhijjah 1446 H tidak terlihat pada Selasa, 27 Mei 2025, di sejumlah lokasi di Indonesia, seperti Bukit Condrodipo, Gedung Pusat Observatorium Tgk Chik Kuta Karang, Tanjungpinang, dan Bukit Blang Tiron, karena kondisi awan tebal. Fakta-fakta ini memunculkan kesan bahwa keputusan penetapan dilakukan tanpa landasan yang kokoh.
2. Dikabarkan bahwa laporan hilal tidak terlihat secara langsung, melainkan melalui citra olahan yang dihasilkan oleh teleskop Vixen ED100SF dengan kamera QHYIII178, yang dioperasikan oleh Sdr. Nabil seorang perukyat dari Jawa Timur dan profesinya sebagai Ketua Media di salah satu Pondok Pesantren di Jawa Timur. Laporan ini bahkan baru diajukan setelah sidang awal selesai, sehingga memerlukan persidangan tambahan untuk pengambilan sumpah saksi.
3. Dalam Mazhab Syafi'i (yang diyakini mayoritas muslim Indonesia), ru’yah bil fi’li (pengamatan langsung dengan mata) adalah metode utama dalam menetapkan awal bulan Hijriyah. Jika dasar penetapan adalah citra satelit yang diolah secara digital, maka keabsahan metode tersebut sangat patut dipertanyakan. Oleh karena itu, keputusan ini berpotensi menimbulkan keraguan dan kesan memaksakan kesepakatan tanpa mempertimbangkan dalil-dalil yang lebih valid.
4. Indonesia menyelesihi negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Brunei, dan Singapura yang menetapkan hari raya Idul Adha pada hari Sabtu, 7 Juni 2025, padahal Rasulullah Shallallhu ‘alaihi wa Sallama bersabda:
( الصَّوْمُ يَوْمَ تَصُومُونَ وَالْفِطْرُ يَوْمَ تُفْطِرُونَ وَالْأَضْحَى يَوْمَ تُضَحُّونَ ) رواه الترمذي (697)
Asas kebersamaan dan keseragaman mestinya harus diperhatikan, mengingat negara-negara tetangga mathla’nya berdekatan dengan Indonesia. Jadi sangat aneh jika negara ini ingin berseragam dengan Arab Saudi dalam perayaan Idul Adha, karena mathla’nya jauh sekali, dan perbedaan hari raya di antara kedua negara tersebut memang hal yang lazim.
5. Semua orang di tempat itu tidak ada yang bisa melihat, cuma satu yang mengaku melihat dan orang itu lagi-lagi orang utusan dari Jawa Timur, bukan orang Aceh. Kasusnya sama dengan penetapan Bulan Ramadhan lalu.
6. Penetapan awal bulan Hijriah selain bulan Ramadhan harus didasarkan pada persaksian minimal dua orang laki-laki, sedangkan dalam kasus ini hanya disebutkan satu orang saksi bernama Nabil. Hal ini bertentangan dengan konsep fiqh Jumhur al-Ulama’, Imam al-Nawawi dalam al-Majmu’ menegaskan:
المجموع شرح المهذب (6/ 280)
(المسألة السادسة) لا يثبت هلال شوال ولا سائر الشهور غير هلال رمضان إلا بشهادة رجلين حرين عدلين لحديث الحارث بن حاطب السابق قريبا وقياسا على باقي الشهادات التي ليست مالا ولا المقصود منها المال ويطلع عليها الرجال غالبا مع أنه ليس فيه احتياط للعبادة بخلاف هلال رمضان . هذا مذهبنا وبه قال العلماء كافة إلا أبا ثور فحكى أصحابنا عنه أنه يقبل في هلال شوال عدل واحد كهلال رمضان وحكاه ابن المنذر عن أبي ثور وطائفة من أهل الحديث قال إمام الحرمين قال صاحب التقريب لو قلت بما قاله أبو ثور لم أكن مبعدا وقال الدارمي هلال ذي الحجة هل يثبت بما يثبت به هلال رمضان أم لا يثبت إلا بعدلين فيه وجهان وهذا شاذ ضعيف والله أعلم
7. Terkait ibarat dalam al-Syarwani, yakni statement Ibn Qasim al-Abbadi yang menyatakan apabila hisab Qath‘i (pasti) menunjukkan hilal sudah wujud setelah matahari terbenam, namun tidak terlihat secara langsung oleh mata, maka hal itu cukup dijadikan dasar kewajiban puasa, berikut teks aslinya:
تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي (3/ 374)
(قوله؛ لأن الشارع إنما أناط الحكم بالرؤية بعد الغروب إلخ) ينبغي فيما لو دل القطع على وجوده بعد الغروب بحيث يتأتى رؤيته لكن لم يوجد بالفعل أن يكفي ذلك فليتأمل سم وقوله بحيث يتأتى رؤيته أي لو لم يوجد نحو الغيم من الموانع وهذا ما يؤيد ما تقدم من استشكال البصري والرشيدي إفتاء الشهاب الرملي بجواز عمل الحاسب بحسابه مطلقا.
Tanggapan kami, pendapat Ibn Qasim ini menyelisihi matannya, yakni karya Ibn Hajar al-Haitami yang dihasyiyahi oleh al-Syarwani, atau menyelisihi terhadap madhzab Syafi’i pada umumnya yang menekankan ru’yatul hilal fi itsbati al-syahri (bukan hanya wujud al-hilal). Kemudian apakah statement ini dapat diterima oleh hakim sebagai dasar penetapan (itsbat) awal bulan Hijriah ? Jawabannya: tidak bisa! Seorang hakim atau pemerintah tidak dibenarkan menetapkan awal bulan Hijriah hanya berdasarkan hasil hisab, sebagaimana dijelaskan dalam al-Majmu’ Syarhul al-Muhadzab juz 6, Roudlah at- Thâlibîn juz 2 begitu juga I‘ânat al-Thâlibîn dan kitab-kitab lainnya.
إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين (2/ 243)
(قوله: ولا يكفي قوله أشهد أن غدا من رمضان) أي عند غير ابن أبي الدم - كما علمت - وذلك لأنه قد يعتقد دخوله بسبب لا يوافقه عليه المشهود عنده، كأن يكون أخذه من حساب منازل القمر، أو يكون حنفيا يرى إيجاب الصوم ليلة الغيم، أو غير ذلك.
Oleh karena itu, pernyataan dalam kitab al-Syarwani yang mengutip pendapat Imam Ibnu Qasim tersebut hanya berlaku untuk ‘amal nafsihi (pengamalan pribadi), dan tidak boleh dijadikan dasar untuk penetapan (itsbat) resmi oleh pemerintah. Sebagaimana dalam Hasyiyah al-Syirbini:
الغرر البهية في شرح البهجة الوردية (2/ 205) [حاشية الشربيني]
وقوله: ما لو دل الحساب أي ولو كان الحساب قطعيا كما نقله سم في حواشيه على المنهج عن م ر لكن نقل القليوبي على الجلال عن العبادي أنه قال إذا دل الحساب القطعي على عدم رؤيته لم يقبل قول الشهود العدول برؤيته وترد شهادتهم بها ولا يجوز الصوم حينئذ ومخالفة ذلك معاندة ومكابرة اهـ.
هذا كله عند معارضة الحساب للشهود ولو كان الشاهد واحدا فإن لم تكن معارضة كما لو دل الحساب على وجود الهلال ولم تره الشهود إلا في الليلة الثانية سواء أول الشهر وآخره فالمعتمد كما نقله المحشي عن م ر أنه يجب الصوم عليهما وعلى من أخبره واعتقد صدقهما سواء في ذلك أول الشهر وآخره خلافا لمن قال: لا يعتمد قول المنجم في الفطر آخر الشهر قال سم على التحفة قال الشهاب م ر: عمل الحاسب بحسابه شامل لما إذا قطع بوجوده وامتناع رؤيته ولما إذا قطع بوجوده ورؤيته ولما إذا قطع بوجوده وجواز رؤيته اهـ.
أي فيجب عليه وعلى من صدقه العمل بمقتضى الحساب في كل حال من هذه الأحوال لكن كل ذلك عند م ر ووالده إذا لم يكن على خلاف الشهادة وإلا لم يعتبر وتقدم ما للقليوبي عن العبادي في ذلك وهل يعمل بالحساب في أوقات الصلوات استظهر سم أنه يعمل به فيها ونقله بعضهم عن شرح العباب لحجر
Ibarat-ibarat di atas secara secara tegas mengarahkan ibarat yang termaktub dalam al-Syarwani, yakni pendapat Ibn Qasim hanya berlaku untuk personal bukan komunal.
Lalu bagaimana dengan pendapat ulama yang melegalkan hisab Qoth’i, seperti imam al-Subki?
Jawabannya, Jumhur al-Fuqaha menentang pendapatnya al-Subki, dimana keberadaan Hisab tak lebih hanya sebatas alternatif, bahkan tidak sah jika dihadapkan dengan Syahadah al-Ru’yah ‘inda Imakni al-Ru’yah, demikian juga ada keterangan lagi bahwa penggunakan hisab hanya berlaku untuk menafikan hilal, bukan untuk menetapkannya, perhatikan ibarat-ibarat di bawah ini:
البحر المحيط الثجاج في شرح صحيح الإمام مسلم بن الحجاج ٢٠/٣٨٩
قال الجامع عفا الله تعالى عنه: لقد أجاد الحافظ العراقيّ في الاعتراض على ما قاله ابن دقيق العيد من الاعتماد على أن الهلال قد طلع، وقد ردّ الصنعاني عليه أيضًا في حاشيته «العدّة» ردًّا جميلًا، فراجع حاشيته ٣/ ٣٢٨ - ٣٢٩ (١).
---
(١): نصّه: أقول: إن النصّ اشترط في لزوم الصوم أحد أمرين: إما الرؤية، أو إكمال العدّة ثلاثين، ودلّ الدليل على أن رؤية البعض كافيةٌ فإثبات اللزوم بمجرّد الحساب ينافي النصّ، وقياسه على من حُبس في ممطورة قياسٌ مع الفارق؛ إذ مَن في الممطورة قد تعذّر عليه معرفة الْمُدْرَك المنصوص عليه حتى لو رآه الناس لَمَا رآه، فرجوعه إلى الحساب والقرائن بالضرورة؛ لأنه ليس في حقّه شيء يَعرِف به الصوم إلا ذلك، وكيف يرجع إلى قول الحاسب والشارعُ يقول: «فإن غُمّ عليكم فأكملوا العدّة ثلاثين»، ولو كان كلام الحاسب مُدْرَكًا شرعيًّا للصوم والإفطار لَمَا أهمله الشارع، بل أشار إلى خلافه بقوله: «إنّا أُمّة أميّةٌ لا نَكْتُبُ ولا نَحْسُبُ»، ثم قال: «الشهر هكذا …» الحديث، فأشار بيديه إلى الثلاثين، والتسع والعشرين. قال: وأغرب ابن السبكيّ، فقال: لو شَهِد شاهد واحدٌ برؤية الهلال، واقتضى الحساب عدم إمكان رؤيته لا تُقبل الشهادة؛ لأن الحساب قطعيّ، والشهادة ظنيّةٌ، وشرط قبولها إمكان ما شُهد له حسًّا أو عقلًا، أو شرعًا، وهذا لا يُخالف قول الفقهاء: إنه لا اعتماد على الحساب؛ لأنهم قالوا في عكس هذه الصورة، وهو إذا دلّ الحساب على إمكان الرؤية. انتهى.
أرشيف ملتقى أهل الحديث - 4 (76/ 372)
وهناك من الفقهاء من أجاز اعتماد الحساب الفلكي في النفي فقط؛ بمعنى أنه إذا جاء من يشهد برؤية الهلال، ودلت الحسابات الفلكية على أن رؤية الهلال مستحيلة أو غير ممكنة؛ فإن هذه الشهادة ترد. ومن أشهر القائلين بهذا الرأي تقي الدين السبكي وهو من كبار الفقهاء الشافعية في النصف الأول من القرن الثامن الهجري؛ فقد ذكر السبكي في فتاواه أن الحساب إذا نفى إمكانية الرؤية البصرية؛ فالواجب على القاضي أن يرد شهادة الشهود، قال: "لأن الحساب قطعي والشهادة والخبر ظنيان، والظني لا يعارض القطعي، فضلاً عن أن يُقَدم عليه
Dengan pertimbangan Jalb al-Mashalih li al-Ummah, kami menghimbau kepada para santri dan muhibbin yang berkomitmen Tamassuk bi Kutubi al-Salaf untuk tetap menjaga harmoni sosial, yakni pada hari Jumat 6 Juni tetap melakukan sholat Idul Adha berjamaah secara dhohiran, akan tetapi batinnya statusnya menjadi shalat dluha, lalu di hari sabtunya 7 Juni, hendaknya melakukan shalat Idul Adha sendiri-sendiri di rumah.
Untuk penyembelihan kurban, kami menganjurkan agar dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 Juni 2025, guna memastikan keabsahan ibadah kurban. Karena andaikan pendapat kami benar, ya Alhamdulillah, penyembelihan tepat di hari raya, namun jika pendapat kami salah, maka penyembelihan masih sesuai dengan waktunya, yakni tanggal 11, hari Tasyriq.
Himbauan kami ini bukan fatwa, karena kami memang tidak mempunyai otoritas untuk berifta’ di negeri ini. Meskipun demikian, himbauan ini akan menjadi sangat urgen dan krusial bagi umat Islam Indonesia, sebab kesalahan fatal dalam Itsbat Pemerintah (baik untuk bulan Ramadhan, Syawal atau Dzulhijjah) akan berujung pada ketidakabsahan semua ibadah penduduk negeri, terlebih akan merugikan aspek finansial pihak-pihak yang telah mengeluarkan uang banyak untuk berkurban. Oleh karena itu, Pemerintah harus memperhatikan kritikan semacam ini.
Semenjak dulu, hari Arafahnya Indonesia dan Arab Saudi itu beda, lalu kenapa pada tahun ini ada upaya pemaksaan untuk menyerasikan keduanya? Adakah kerugian materi atau non-materi yang akan dialami umat jika hari raya diundur hari Sabtu 7 Juni? Ataukah ini memang hasil rekayasa pihak-pihak yang punya hubungan khusus dengan keuskupan Roma untuk meraih Nobel? Kenapa Organisasi Islam terbesar di dunia, NU tidak mengkritisi keputusan Isbat tersebut, padahal dalam tinjauan fiqh Islam ada kecacatan hukum?! Kenapa kelompok yang mengaku komitmen terhadap urgensi Ru’yatul Hilal tidak mengaum menunjukkan taringya membabat habis kelompok yang mendewakan hisab? Ada apa ini sebenarnya? Sedemikian recehkah kepentingan Umat bila dibandingkan dengan kepentingan kelompok tertentu? wallahu a’lam.
Terakhir, kami memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar kita semua kaum muslimin Indonesia selalu dijauhkan dari segala kesesatan dalam beramal, dan mendapat ma’unah dan hidayah-Nya dalam menggenggam sekaligus mempertahankan manhaj Islam ‘ala Thariqathi Ahli al-Sunnah wal Jama’ah, amin.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
