Bismillahirrohmaanirrohiim

Khazanah Keilmuan Dalam Ilmu Fikih

Oleh KH. Ma'ruf Khozin 

Jauh sebelum saya bisa duduk di hadapan Maulana Syekh Ali Jumah dan Masyayikh Al-Azhar lainnya, saya sudah sering membaca kitab-kitab beliau hingga sedikit tahu dengan manhajnya.

Namanya juga naluri manusia tentu ada satu-dua persoalan yang saya rasa kurang 'sreg' di hati saya. Kadang sebagian persoalan tersebut saya telusuri apa faktornya? Ada yang sifatnya geografis, perbedaan kondisi di Indonesia dengan Mesir. Ada juga faktor Tarjih yang dipilih oleh beliau lebih maslahat dan lainnya.

Pendapat beliau-beliau yang saya rasakan berbeda bukan menjadi bahan kritikan, melainkan sebagai kekayaan khazanah dalam ilmu fikih. Saudara lain yang mengikutinya juga tidak saya tuduh dengan tudingan 'Fanatik Buta'. Sebab khilafiyah di kalangan ahli fikih sudah berjalan ribuan tahun silam, seperti riwayat ulama Salaf berikut:

ﻗﺎﻝ ﺳﻔﻴﺎﻥ «ﻣﺎ اﺧﺘﻠﻒ ﻓﻴﻪ اﻟﻔﻘﻬﺎء , ﻓﻼ ﺃﻧﻬﻰ ﺃﺣﺪا ﻣﻦ ﺇﺧﻮاﻧﻲ ﺃﻥ ﻳﺄﺧﺬ ﺑﻪ»

Sufyan Tsauri berkata "Apa yang diperselisihkan para ulama fikih, maka saya tidak melarang seseorang dari saudaraku untuk memilih pendapat tersebut"

Dalam riwayat lain Sufyan Tsauri berkata:

«ﺇﺫا ﺭﺃﻳﺖ اﻟﺮﺟﻞ ﻳﻌﻤﻞ اﻟﻌﻤﻞ اﻟﺬﻱ ﻗﺪ اﺧﺘﻠﻒ ﻓﻴﻪ ﻭﺃﻧﺖ ﺗﺮﻯ ﻏﻴﺮﻩ ﻓﻼ ﺗﻨﻬﻪ»

"Jika anda melihat seseorang mengerjakan sesuatu yang sifatnya khilafiyah dan anda memiliki pendapat berbeda maka jangan melarangnya" (Al-Hafidz Al-Khatib Al-Baghdadi dalam Al-Faqih wal Mutafaqqih)

Tapi kritik kan bagian dari nasehat? Ya ada caranya seperti dawuh Imam kita:

ﻭﻗﺎﻝ اﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻣﻦ ﻭﻋﻆ ﺃﺧﺎﻩ ﺳﺮا ﻓﻘﺪ ﻧﺼﺤﻪ ﻭﺯاﻧﻪ ﻭﻣﻦ ﻭﻋﻈﻪ ﻋﻼﻧﻴﺔ ﻓﻘﺪ ﻓﻀﺤﻪ ﻭﺷﺎﻧﻪ

Asy-Syafii berkata: "Barangsiapa mengingatkan saudaranya secara rahasia maka ia sungguh telah menasehatinya. Jika ia mengingatkan saudaranya terang-terangan maka sungguh dia telah membuka keburukan saudaranya" (Ihya' Ulumiddin, 3/182)

Anda boleh berbeda pendapat dengan saya, tapi jika mengkritik ulama selevel Syekh Ali Jumah, terpaksa saya unfriend.

◇ مجالس العلم في استقلال جاكرتا مع سيدي مولانا الشيخ علي جمعة ومشايخ الأزهر نفعنا الله بهم وأبقاهم الله بالسلامة والعافية والبركة والنفع للأمة


.

PALING DIMINATI

Back To Top