Bismillahirrohmaanirrohiim

Catatan Arbain (5) : HADITS KEEMPAT(Taqdir kematian)



Catatan Penting

Oleh : Najih Ibn Abdil Hameed

1. Apa yg bisa disombongkan oleh manusia? Awalnya berupa air mani menjijikkan (yg keluar masuk alat kelamin), akhirnya menjadi bangkai busuk, diantara waktu itu kemana mana bawa kotoran (tahi, kencing, darah). 
(Sayyudina Ali karramallahu wajhah)

2. Baik buruk manusia, surga atau neraka nanti, tergantung detik detik menjelang kematian. Orang baik bisa berubah buruk sebelum mati lalu masuk neraka. Orang buruk bisa berubah baik menjelang mati lalu masuk surga. Itupun telah dicatat di telapak tangan masing masing saat usia 120 hari dalam rahim.

3. Dikisahkan di kitab syarah arbain, dua sejoli saling mencintai tak bisa bersatu karena laki laki beragama Islam taat sedang perempuan beragama nasrani. 
Saking cinta dan rindunya, si lelaki hingga sakit keras dan mengantarnya pada kematian. Sesaat sebelum mati entah apa dosa yg pernah diperbuatnya, tiba tiba ia berfikir :
"Aku sungguh mencintainya hingga aku sakit. Betapa sakitnya bila aku di dunia tak bisa bersamanya, di akhirat pun harus berpisah. Karena itu detik ini juga aku berniat pindah agama nasrani agar bisa bertemu kekasihku di akhirat"
Nyawa pun diangkat tanpa membawa iman. Fafinnari kholidiina fiiha. Pasti neraka tiada akhir. Naudhubillaah min suuil khotimah.

Di akhir kisah, ketika wanita yg dicintainya sudah tua dan menghadapi kematian, tiba tiba terlintas di hatinya pikiran yg sama seperti laki laki yg mencintainya dulu :

"Di dunia ini aku telah menyakiti seorang laki laki yg memendam cinta kepadaku hingga dia mati karena ingin bersamaku. Aku harus membalas cintanya di alam sana. Untuk itu aku harus mati dengan agama yang dia anut"

Dua kalimat syahadat mengakhiri hayat wanita nasrani itu. Lahum jannaatun tajri min tahtihal anhaaru khoolidina fiiha. Seumur hidup beragama non islam namun meninggal dalam keadaan Islam dan masuk surga kekal selamanya. 

4. Ini baru satu dari sekian banyak orang yg rute hidupnya berbelok arah. Itulah kehidupan. Tidak ada yg tahu akhir hidup kita kecuali Allah. Tidak perlu menyombongkan amal baik. Tidak usah meremehkan orang lain yg belum baik. Nasehati diri sendiri dan orang lain yg kebetulan kurang baik untuk terus berbenah. Jangan putus asa bila saat ini masih menjadi orang buruk, segera taubat dan berubah.

5. Empat penyebab paling utama kematian suul khotimah adalah : (1) meremehkan sholat, (2) minum khomr, (3) menyakiti sesama muslim, (4) durhaka kepada kedua orang tua.

6. Tanda orang yg sejak dalam kandungan sudah dicatat akan mati buruk adalah : 
- Jumudul ain (kakunya mata, tak pernah bisa menangis urusan akhirat)
- qaswatulqalbi (keras hati, benci nasehat)
- hubbuddunia (terlalu cinta urusan dunia)
- thulul amal (berharap hidup panjang atau selamanya di dunia)
(Hasan Al Bashri)

7. Tanda orang yg ditaqdirkan akan mati khusnul khotimah adalah : 
- mencintai orang orang sholih
- dekat dengan orang orang shalih
- baca Alquran
- terjaga malam hari (ibadah)
- bermajelis dengan ulama
- lembut hatinya
(Zunnun Al Mishri)

8. Diantara doa yg jika dibaca istiqomah insyaallah dijamin husnul khotimah adalah doa setelah wudhu. Semua sudah hafal tinggal diistiqomahkan.

9. Di antara bentuk kasih sayang Allah kepada makhluknya ialah, Dia ciptakan banyak sekali manusia yg masa mudanya buruk lalu di akhir kisah hidupnya berubah baik, dan Dia ciptakan sedikit sekali orang baik yang berubah menjadi buruk di akhir hayat. 

Ya Allah kasihsayangilah kami. Matikanlah kami dalam Ridha dan CintaMu.

Bojonegoro, 5 Ramadhan 1440H
Najih A Hameed


.

PALING DIMINATI

Back To Top